BPJT akan bentuk pusat layanan informasi jalan tol

BPJT akan bentuk pusat layanan informasi jalan tol

Ilustrasi - Kendaraan melintas di jalan Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.

mudah-mudahan bisa kami realisasikan pada tahun depan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana untuk membentuk Indonesia Toll Road Command Center dalam rangka mengintegrasikan layanan informasi seluruh jalan tol.

"Kita memiliki rencana yang disebut Indonesia Toll Road Command Center yakni layanan informasi jalan tol dengan satu nomor layanan," ujar Sekretaris BPJT Triono Junoasmono dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, saat ini nomor kontak layanan call center yang berbeda-beda dari para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) membuat bingung para pengguna jalan tol ketika mereka mengalami masalah atau membutuhkan layanan.

"Kita nantinya berharap terkait dengan adanya command center ini bisa menjadi satu dan tidak lagi dibedakan per ruas tol," katanya.

Dengan demikian nantinya pengguna jalan tol di mana pun lokasinya, jika mengalami masalah atau membutuhkan layanan darurat maka pengguna jalan tol bisa menghubungi ke satu nomor layanan.

"Ke depan dengan teknologi kita akan menyatukan ini melalui layanan one call service istilahnya," kata Triono Junoasmono.

Semua permintaan dan keluhan konsumen akan dilayani oleh command center ini, mulai dari mobil mogok, permohonan layanan darurat, keluhan pengguna, informasi kapasitas rest area hingga melaporkan tindak kejahatan yang terjadi di area jalan tol.

Selain itu bagi BPJT sendiri, kehadiran Indonesia Toll Road Command Center nantinya diharapkan dapat membantu BPJT memonitor terhadap trafik-trafik yang ada secara real time.

Selanjutnya semua patroli keamanan, ambulans dan berbagai layanan jalan tol akan dapat terkontrol secara baik di seluruh ruas tol melalui Indonesia Toll Road Command Center.

Indonesia Toll Road Command Center juga diharapkan akan memiliki database yang komprehensif, di mana database ini untuk menjadi kajian BPJT yang dapat menjadi bahan masukan bagi pengembangan jalan tol.

"Ini masih dalam program kami, mudah-mudahan bisa kami realisasikan pada tahun depan," ujar Sekretaris BPJT Triono Junoasmono.

Baca juga: Jasa Marga hapus layanan isi ulang kartu di gerbang tol
Baca juga: Pertamina cek kesiapan SPBU di Tol Trans-Jawa jelang Lebaran
Baca juga: Strategi Hutama Karya realisasikan layanan prima di Tol Trans-Sumatera

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI Jateng buka layanan penukaran uang di rest area tol Semarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar