Gaun pengantin Putri Beatrice dari Inggris dipamerkan untuk publik

Gaun pengantin Putri Beatrice dari Inggris dipamerkan untuk publik

Putri Inggris Beatrice melihat gaun pengantinnya sebelum dipamerkan kepada publik di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Rabu (23/9/2020). Putri Beatrice menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada 17 Juli 2020 lalu dan tampil dalam balutan gaun pengantin dari era tahun 1960-an rancangan Norman Hartnell yang dipinjamkan sang nenek, Ratu Elizabeth II. ANTARA FOTO/Steve Parsons/PA Wire/Pool via REUTERS/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Gaun pengantin yang dikenakan Putri Beatrice saat menikah dua bulan lalu dipamerkan di Windsor Castle, Inggris, di mana pernikahan "rahasia" itu digelar, Kamis.

Beatrice, cucu dari Ratu Elizabeth, menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi di kastil tersebut pada Juli dalam upacara tertutup, tidak seperti pernikahan kerajaan lain yang menjadi sorotan.

Pasangan ini rencananya menikah pada Mei, namun pembatasan wilayah akibat virus corona membuat mereka harus mengganti tanggal dan mengurangi jumlah tamu yang akhirnya hanya dihadiri keluarga terdekat, termasuk sang ratu.

Di pernikahan itu, putri sulung dari Pangeran Andrew, anak kedua ratu, dan Sarah mengenakan gaun berbahan taffeta yang dikenakan Ratu Elizabeth pada 1960-an dan dipinjamkan kepada cucunya.

Gaun berwarna putih gading dari bahan taffeta itu dilengkapi dengan trim dari bahan satin pada bagian rok, dan dihias dengan bordir buatan tangan serta taburan kristal pada bagian dada.

Untuk pernikahannya, Putri Beatrice mengubah gaun itu dengan menambahkan tali bahu, lengan gembung yang tembus pandang, serta tambahan bordir di sekitar pinggang. Perombakan gaun tiu dilakukan di bawah pengawasan Angela Kelly, kuratur untuk busana dan kamar rias pribadi Ratu, serta perancang busana Stewart Parvin.

"Gaun pengantin kerajaan ini sangat unik karena menurut saya ini pertama kalinya dalam sejarah kerajaan dan tentunya dalam sejarah kerajaan modern, katakanlah dari abad ke-18 atau ke-19 dan seterusnya, bahwa gaun yang ada ... dipakai ulang dan diubah menjadi gaun pengantin , "kata kurator pameran, Caroline de Guitaut.

"Jadi ini gaun yang sangat unik."

Selain gaun, sepatu pernikahan Beatrice buatan Valentino dan replika buket pengantin juga dipamerkan di sana. Namun, tiara yang dikenakan Beatrice --dipakai oleh Ratu pada hari pernikahannya di tahun 1947-- tidak ikut dipamerkan, Reuters dikutip Kamis.



Baca juga: Sejarah di balik buket bunga myrtle di "Royal Wedding" Putri Beatrice

Baca juga: Menikah diam-diam, Putri Beatrice kenakan gaun tua Ratu Elizabeth

Baca juga: Putri Beatrice menikah dengan hanya dihadiri 20 tamu

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar