Paris (ANTARA News) - Tim favorit Liverpool mengawali pertarungan mereka di ajang Liga Eropa dengan membukukan kemenangan tipis 1-0 atas klub juara Romania Unirea Urziceni dalam pertandingan kandang pertemuan (leg) pertama mereka di babak 32 besar pada Kamis.

Sementara sebelumnya tim favorit lain, Juventus, juga meraih kemenangan 2-1 atas klub Belanda Ajax pada pertandingan leg pertama mereka pada babak 32 besar Liga Eropa di Amsterdam, sebagaimana dikutip dari AFP.

Liverpool, yang lima kali menjadi juara Eropa itu, turun peringkatnya ke kompetisi lapis-kedua Eropa tersebut setelah mereka tersingkir dari tahap grup kompetisi utama Eropa, Liga Champions, dan mereka tidak bermain bagus saat melawan tim lemah asuhan Roni Levi itu.

Liverpool sebagai tuan rumah menyia-nyiakan serangkaian peluang gol sebelum David Ngog mencetak gol penentu kemenangan itu di menit ke-81.

Pemain asal Prancis tersebut melesakkan gol lewat tandukan kuatnya dari jarak dekat setelah umpan Ryan Babel dihalau oleh pemain pengganti Daniel Pacheco (19), sehingga memberi tim asuhan Rafael Benitez itu kemenangan tipis menjelang pertemuan kedua mereka pada 25 Februari mendatang.

"Saya kira kami akan bisa bermain lebih baik dalam pertandingan tandang melawan mereka," ujar kapten Liverpool Steven Gerrard.

"Mereka harus bermain lebih baik dan berupaya mengalahkan kami. Saya yakin kami bisa menang dengan skor yang lebih meyakinkan dalam pertandingan tandang itu."

Sang juara bertahan Piala UEFA Shakhtar Donetsk menurun performanya dengan mengalami kekalahan yang tak terduga 2-1 saat melawan Fulham, setelah pemain klub Inggris itu, Bobby Zamora, mencetak gol sensasional penentu kemenangan tersebut ke pojok atas kanan gawang pada menit ke-63.

Sementara itu, sang penantang gelar juara di Liga Utama Italia Serie A, Roma, harus menerima kenyataan bahwa rekor tak terkalahkan mereka di 20 pertandingan mendadak harus berakhir saat mereka kalah 2-3 dari klub Yunani, Panathinaikos, pada pertandingan Liga Eropa itu Kamis.

Tim tuan rumah Roma sempat unggul terlebih dahulu dua kali namun di menit ke-84 Lazaros Hristodoulopoulos berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 sebelum mantan striker Liverpool Djibril Cisse menyarangkan gol penentu kemenangan pada sisa waktu semenit.

Sebelumnya, dua gol hasil tandukan striker asal Brazil Amauri membuat Juventus unggul 2-1 atas Ajax di Amsterdam.

Amauri mencetak gol itu di babap pertama dan kedua untuk merespon gol pembuka Miralem Sulejmani di menit ke-16 untuk memberi tim asuhan Alberto Zaccheroni itu kemenangan pada pertandingan perdana Eropa di bawah pimpinannya sejak dia menggantikan Ciro Ferrara yang dipecat.

"Ini merupakan kemenangan yang penting pada saat yang penting pula," ujar Zaccheroni, yang timnya itu mengalami musim yang suram karena merek juga gagal mempertahankan gelar juara mereka pada piala domestik.

Sementara itu Werder Bremen kalah 0-1 dalam pertandingan tandang melawan FC Twente yang diasuh mantan pelatih timnas Inggris Steve McClaren, dan berhasil menang melalui gol tunggal yang dicetak Theo Janssen di menit ke-39.

Klub Jerman Wolfsburg bermain imbang 2-2 melawan Villarreal, sementara klub Belgia Club Brugge menang 1-0 atas Valencia yang bermain dengan 10 orang, dan sekarang menduduki posisi ketiga dalam klasemen sementara Liga Utama Spanyol.

Pada pertandingan Liga Eropa Kamis itu, Hamburg berhasil mengalahkan klub Belanda PSV Eindhoven 1-0, sementara Marseille menang 3-1 melawan FC Copenhagen dan Atletico Madrid ditahan imbang 1-1 atas tim tuan rumah Turki, Galatasaray.

Juara Rusia Rubin Kazan sudah meletakkan sebelah kaki mereka di babak 16 besar setelah Aleksandr Bukharov menyumbang dua gol dalam kemenangan kandang 3-0 melawan klub Israel Hapoel Tel-Aviv, dan klbu Prancis Lille yang tengah naik daun menaklukkan Fenerbahce 2-1 di Prancis Utara.

Klub Belgia Standard Liege berhasil mengalahkan Red Bull Salzburg, yang berjuang mengejar ketertinggalan 2-0 mereka di babak pertama dengan membukukan kemenangan kandang 3-2 berkat serangan gencar di babak kedua oleh Igor De Camargo dan dua gol Axel Witsel.

Klub tetangga Liverpool di Merseyside, Everton, beraksi pada Selasa, ketika mereka mengalahkan Sporting Lisbon 2-1 dalam pertandingan leg pertama babak 32 besar Liga Eropa mereka itu di Goodison Park.(A016/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010