Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperoleh Sertifikat ISO 37001: 2016 setelah menjalani proses sertifikasi yang sesuai dengan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

“Sertifikasi ini bentuk komitmen KAI untuk mengatasi segala bentuk penyuapan dan sebagai perusahaan publik yang menjalankan good corporate governance (GCG) yang baik,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Sertifikasi ini sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran Menteri BUMN Nomor: S-35/MBU/02/2020 tentang Implementasi Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) di Badan Usaha Milik Negara berdasarkan SNI ISO 37001:2016.

Didiek menjelaskan, penerapan SMAP SNI ISO 37001:2016 memberikan panduan untuk mencegah, mendeteksi dan menindaklanjuti penyuapan dan tindakan korupsi lainnya.

Baca juga: Balitbanghub rilis hasil riset pemulihan bisnis kereta api

“Sertifikasi ini memperkuat pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang telah kami jalankan sebelumnya seperti pengendalian gratifikasi dan pencegahan benturan kepentingan, budaya Whistleblowing System, pengelolaan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), sistem pengawasan intern, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi, KAI melakukan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengembangan dan implementasi, evaluasi, dan sertifikasi.

Adapun sertikasi yang diperoleh oleh KAI dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi TUV Nord Indonesia untuk unit Quality Assurance & GCG dan lembaga sertifikasi Sucofindo untuk unit Pengadaan Barang dan Jasa.

Baca juga: HUT ke-75, KAI berikan potongan harga tiket

Ke depan, KAI akan terus mengembangkan dan menyempurnakan SMAP sehingga kebijakan menjadi proporsional dalam mencegah terjadinya penyuapan dan praktik korupsi lainnya. Didiek mengatakan, selanjutnya SMAP ini akan diImplementasi ke seluruh satuan organisasi baik di kantor pusat maupun di daerah.

Penyerahan sertifikat ini menjadi hadiah bagi KAI yang akan merayakan hari ulang tahun ke-75 pada 28 September 2020. Dengan bertambahnya usia, KAI akan terus wujudkan KAI Bersih, Bebas Suap, Bebas Korupsi.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Kami berkomitmen dengan didapatkannya sertifikasi ini. Seluruh insan KAI akan terus menjunjung tinggi nilai AKHLAK, budaya integritas, serta zero tindakan penyuapan dan tindak pidana korupsi di lingkungan perusahaan, sehingga tercipta tata kelola perusahaan yang baik,” kata Didiek.

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020