Surabaya (ANTARA News) - Mahasiswa Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyiapkan penyambutan kedatangan pengayuh sepeda jarak jauh dengan rute Jakarta-Surabaya yakni Burhanudin Ridwan (53).

"Cak Burhanudin menempuh rute Jakarta-Surabaya yang berjarak 986 kilometer dengan start dari Monas Jakarta pada tanggal 14 Februari hingga finis di Taman Apsari Surabaya pada tanggal 21 Februari," kata ketua panitia penyambutan, Evandra, di Surabaya, Jumat.

Penyambutan akan dilakukan Wanala dengan pengawalan mulai dari Bundaran Waru hingga Taman Apsari dengan melibatkan KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia-Jawa Timur), Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Bike To Work, Gaselas (Gabungan Sepeda Lawas), Dallas Cycling Club, dan sebagainya.

"Cak Bur adalah pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bangkalan yang juga ALB (anggota luar biasa) Wanala Unair. Dalam usia 53 tahun, beliau melakukan sesuatu yang tergolong `gila` dengan mengayuh sepeda gunung melintasi jalur selatan pulau Jawa antara Jakarta hingga Surabaya dengan jarak 986 kilometer," katanya.

Menurut dia, jalur selatan Pulau Jawa dikenal sangat sulit karena di beberapa titik lokasi ada tanjakan terjal dan turunan curam seperti di Padalarang, Bandung, Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, dan Tulungagung.

"Rute bersepeda Jakarta-Surabaya memang hal yang biasa bagi para biker, namun jika harus melewati jalur selatan, maka mayoritas dari mereka akan berpikir panjang," katanya.

Burhanudin Ridwan melakoni hobi bersepeda sejak 2005 dengan tujuan awal hanya untuk bersenang-senang, sekaligus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar.

Cak Bur sudah terbiasa bersepeda jarak jauh seperti mengelilingi Pulau Bali, Surabaya-Solo via Cemorosewu, Surabaya-Bromo PP dengan waktu tempuh dua hari, Surabaya-Yogyakarta PP dengan waktu tempuh dua hari, dan Surabaya-Lombok.

Perjalanan Jakarta-Surabaya ditempuh dalam delapan etape yakni Jakarta-Bandung (188 kilometer), Bandung-Tasikmalaya (105 km), Tasikmalaya-Purwokerto (139), Purwokerto-Yogyakarta (180), Yogyakarta-Wonosari-Pacitan (100), Pacitan-Tulungagung (112), Tulungagung-Mojokerto (102), dan Mojokerto-Surabaya (60), sehingga total jarak 986 kilometer.

"Tekad Cak Bur termotivasi sukses Wanala Unair menggapai puncak tertinggi benua Afrika yakni Gunung Kilimanjaro pada 10 November 2009," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Wanala Unair akhirnya menyiapkan kegiatan "Wanala`s Old Biker, Jakarta-Surabaya South Route Touring" untuk Cak Bur sesuai prosedur keselamatan bersepeda jarak jauh dengan pemantauan pada delapan etape yang ada.

(T.E011/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010