Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Persib Bandung melakukan revans dengan mengalahkan Persisam Samarinda 2-0 (2-0) pada pertandingan sepakbola Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu.

Gol kemenangan Persib dicetak Christian "El Locco" Gonzales pada menit 23, dan Eka Ramdani pada injury time babak pertama.

Kemenangan itu merupakan revans atas kekalahan Persib di putaran pertama 2-1 di Stadion Segiri Samarinda.Pada pertandingan yang disaksikan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Mallarangeng dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf itu, sempat diwarnai pelemparan dari penonton yang terprovokasi aksi protes para pemain Samarinda.

Tuan rumah Persib tampil penuh motivasi dengan memaksimalkan duet sayapnya, Gilang Angga dan Atep.

Dengan kemenangan itu, Persib mengumpulkan nilai 33 hasil 10 kali menang, tiga seri dan tujuh kali kalah.

Pertandingan tersebut juga menjadi partai terakhir bagi kiper Shintawechai Hatairattanakol yang akan kembali ke negerinya, Thailand.

Seusai pertandingan, Shintawechai yang tampil memukau pada musim ini dilepas oleh bobotoh yang memberikan aplaus dan buket bunga saat keluar diganti kiper baru Markus Horison menit 85.

Shintawechai merupakan pemain Thailand kedua yang dilepas Persib di tengah musim kompetisi ini, karena masa pinjamnya usai dari Chouburry FC. Persib sebelumnya melepas gelandang Suchao Nuthnum.

Sementara itu, ketidakhadiran dua pilar belakangnya Nova Aryanto dan Hariono yang terkena akumulasi kartu kuning, tidak mengurangi kekuatan Maung Bandung.

Persib juga membangkucadangkan gelandang asal Jepang, Sathosi Otomo.

Bek pengganti Edi Hafid dan gelandang bertahan Munadi melaksanakan tugasnya dengan baik dalam meredam ujung tombak Persisam Pipat Tonkanya dan Chong Dong Soo.

Persisam sendiri berupaya bangkit pada babak kedua dengan memasukan Zaenal Arief menggantikan Pipat Tonkanya.

Hasilnya, sempat merepotkan pertahanan Persib yang dimotori Maman Abdurahman.

Namun, mantan ujung tombak Maung Bandung itu gagal membobol gawang mantan tim yang dibelanya pada LSI 2008-2009 ini.

Ronald Fagundes dan Danilo Fernando gagal mengulang sukses timnya mengalahkan Persib, keduanya mendapat pengawalan ketat lini belakang Maung Bandung.

Banyak peluang kedua tim yang terbuang pada pertandingan tersebut, salah satunya peluang emas tembakan Hilton Moriera pada menit 12 yang melenceng di bibir gawang Persisam yang dikawal Wawan Hendrawan.

Kemudian pada menit 57 Choi Dong Soo nyaris membobol gawang Persib. Choi yang bermain taktis pada pertandingan itu sempat memprotes wasit karena menganggap gol.

Pertandingan yang disaksikan sekitar 30 ribu penonton tersebut berlangsung dalam tempo sedang, dan berjalan bersih. Hingga pertandingan usai Persib tetap unggul 2-0.

Susunan pemain Persib, Shintawechai (kiper), Edi Hafid, Maman Abdurahman, Atep, Eka Ramdani, Hilton Moriera, Gilang Angga/ Wildansyah, Munadi/ Cucu Hidayat, Christian Rene, Budi Sudarsono, Christian Gonzales.

Persisam: Wawan Hendrawan (kiper), Hamka Hamzah, Tsimi, Sonny Kurniawan/ Usep Munandar, Syaiful, Fandi Mochtar, Achmad Sembiring, Choi Dong Soo/ Agus Prayitno, Ronald Fagundes, Danilo Fernando, Pipat Tonkanya/ Zaenal Arief.
(S033/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010