Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan Persiba Balikpapan 1-0 dalam lanjutan Djarum Indonesia Super Liga (ISL) di stadion Andi Matalatta Mattoangin Makassar, Minggu.

Gol tunggal kemenangan Tim "Juku Eja" ini lahir dari tendangan bebas pemain asal Korea Selatan Shin Hyu Joon pada menit 20 dari sudut kiri gawang tim "Beruang Madu" yang dijaga I Made Wirawan.

Made terperdaya, karena tidak menyangka Shin akan mengarahkan langsung bola ke mulut gawang Persiba.

Sepanjang babak pertama, PSM terlihat mengendalikan permainan dan menciptakan lebih banyak peluang, sedangkan Persiba hanya memperoleh satu peluang dari Gendut Doni yang tendangannya melesak tipis di atas mistar gawang PSM.

Tiga kali pemain PSM Randy Siregar yang beroperasi di sayap kanan berhasil malepaskan umpan matang ke area penalti Persiba, namun belum bisa dimaksimalkan rekan-rekanya di depan.

Demikian juga dengan bola-bola melambung yang sering diarahkan ke striker PSM Osvaldo Moreno, sering dengan mudah dihadang barisan bertahan Persiba yang dikoordinir Mijo Dadil.

Di babak kedua, pertandingan semakin menarik di mana tim tamu mencoba mengejar ketertinggalan dengan mempercepat tempo permainan dan kerap mengancam pertahanan PSM.

Di babak kedua ini pemain belakang PSM gagal mengantisipasi umpan lambung Julio Lopez, dan bola mengarah ke Gendut Doni yang berdiri bebas di depan gawang PSM.

Untungnya penjaga gawang PSM, Syamsidar yang tampil bagus pada partai tersebut maju berjibaku dan menendang bola keluar lapangan.

Wasil Mardi yang memimpin pertandingan mengeluarkan dua kartu kuning untuk pemain PSM Diva Tarkas dan Randy Siregar, serta satu untuk pemain Persiba A`ang Suparman.

Asisten pelatih PSM Tiny Ho sangat puas dengan kemenangan tersebut dan berharap menjadi pemicu bagi kemenangan-kemenangan pada partai berikutnya.

Dia menyebut kemenangan sebagai buah kerja keras pemain serta strategi permainan terbuka timnya.

Sementara pelatih Persiba Haryadi menilai kekalahan yang diderita timnya karena belum beruntung.

Haryadi malah yakin Persiba masih mampu menjadi juara kompetisi ISL kali ini.(*)

PK-AAT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010