Jakarta (ANTARA) - Luis Suarez resmi menandatangani kontrak dua tahun dengan Atletico Madrid setelah lolos pemeriksaan medis pada Jumat (waktu setempat) menyusul kepindahannya dari Barcelona.

Pemain berusia 33 tahun itu bergabung dengan Atletico sebagai pemain bebas transfer setelah Barca setuju untuk mengakhiri kontraknya satu tahun lebih cepat, meski Atletico membayar ke Blaugrana hingga enam juta euro (sekitar Rp104 miliar) sebagai bonus.

"Dengan kedatangan Suarez, Atletico mendapatkan pencetak gol hebat dengan segudang pengalaman di Eropa yang selalu ditandai dengan komitmennya di lapangan dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia dalam posisinya," ujar Atletico dalam sebuah pernyataan di situs resmi mereka yang dikutip Reuters, Sabtu (26/9).

Baca juga: Ansu Fati resmi perpanjang kontrak di Barcelona

Suarez sudah menjalani sesi latihan pertamanya dengan Atletico pada Jumat dan dapat melakukan debutnya dalam pertandingan kandang melawan Granada pada Minggu malam pukul 21.00 WIB.

Barca mendatangkan Suarez dari Liverpool dengan nilai 74 juta poundsterling pada 2014 dan langsung memberikan pengaruh besar di lini serang raksasa Katalunya itu.

Suarez meninggalkan Barcelona setelah mempersembahkan Liga Champions, empat gelar La Liga, dan empat trofi Copa del Rey. Ia mencetak 198 gol untuk klub di semua kompetisi.

Pemain berjuluk El Pistolero itu dinilai tidak masuk dalam rencana pelatih baru Barcelona Ronald Koeman, yang ingin meremajakan dan membangun kembali skuat.

Baca juga: Barcelona menjejak musim baru dengan skuad dan gaya berbeda

Baca juga: Leverkusen pinjam Santiago Arias dari Atletico

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020