Pejabat senior Tibet dipecat atas tuduhan bocorkan rahasia negara

Pejabat senior Tibet dipecat atas tuduhan bocorkan rahasia negara

Partai Komunis China. (ANTARA Sumsel/Reuters/17)

Jakarta (ANTARA) - Seorang pejabat senior di Daerah Otonomi Tibet, China, dipecat atas tuduhan membocorkan rahasia negara, kepemilikan senjata secara ilegal, dan korupsi.

Wang Jinhe (55) juga dipecat dari struktur kepengurusan Partai Komunis China (CPC), demikian pernyataan Komisi Disiplin CPC Tibet, Jumat (25/9) malam.

Wang yang menjabat Wakil Kepala Dinas Perhubungan Tibet menjalani pemeriksaan induk partainya sejak April atas pelanggaran serius disiplin partai dan peraturan perundang-undangan.

Pria tersebut menduduki jabatan itu selama delapan tahun sejak 2012, demikian sejumlah media di China, Sabtu.

Komisi Disiplin Partai menganggap Wang tidak loyal terhadap partai penguasa. Dia bahkan dituduh menghilangkan barang bukti.

Wang telah menempati rumah milik pemerintah secara ilegal, membocorkan rahasia negara, dan memiliki senjata secara ilegal, demikian Komisi Disiplin.

Wang juga memanfaatkan jabatannya untuk membantu lolosnya beberapa kontrak proyek dengan imbalan tertentu dalam jumlah besar.

Wang melakukan pelanggaran secara serius disiplin partai, instansi, dan pekerjaannya sehingga kasus itu ditangani secara serius pula, demikian Komisi Disiplin.

Selain dicopot dari jabatan dan struktur kepengurusan partai, harta kekayaan yang diperoleh Wang secara ilegal turut disita.

Selanjutnya Komisi Disiplin Partai melimpahkan kasus Wang kepada pihak kejaksaan.


Baca juga: KJRI Shanghai gelar Indonesia Fair

Baca juga: Virus corona pada kemasan, China tangguhkan impor makanan laut Rusia

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar