Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer, Hewlett Packard (HP), memperkenalkan HP SkyRoom, sebuah perangkat lunak solusi video conferencing desktop yang dijalankan di HP workstation baik untuk pengguna korporat maupun perorangan.

Di kantor HP Indonesia di kawasan Kuningan Jakarta Selasa, Market Development Manager HP Indonesia Cynthia Defjan mengatakan, target utama pasar HP SkyRoom adalah kalangan enterprise di Indonesia.

Melihat kebutuhan staff meeting, product introduction, employee training, dan lain lain, HP mengganggap peluang di pasar Indonesia besar dengan target utama sektor enterprise, kata Cynthia.

"Berdasarkan survey IDC (International Data Corporation) pada kuartal ketiga tahun 2009 market HP workstation Indonesia tertinggi yaitu sebesar 85,6 persen," ujar Cynthia.

Dengan HP SkyRoom, para pengguna dapat berbagi aneka tipe aplikasi seperti dokumen kantor, streaming video, dan aplikasi 3D (tiga dimensi) interaktif.

Perangkat lunak ini akan disertakan sebagai fitur standar yang bebas biaya pada semua model Workstation seri Z dari HP dan HP Workstation XW4600.

Saat ANTARANews menyaksikan demo video conferencing menggunakan HP SkyRoom di kantor HP Indonesia yang dihubungkan dengan sebuah HP Workstation di Malaysia, aplikasi pengolah grafis 3D dan tampilan video high definition (HD) yang dioperasikan bersamaan, berjalan mulus tanpa hambatan berarti.

"HP Workstation dengan piranti lunak HP SkyRoom juga digunakan untuk proses pembuatan film Monster and Alien di Dreamworks Pictures," kata Deddy Kristiady Lead Consultant HP Indonesia.

(Yud/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010