Kediri (ANTARA News) - Tuan rumah Persik Kediri berhasil memetik poin penuh setelah mengungguli tamunya Persela Lamongan dengan skor 3-2 dalam lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Rabu petang.

Tiga gol kemenangan Persik diborong Saktiawan Sinaga, masing-masing di menit ke-64, 67, dan 79.

Sementara dua gol Persela dicetak oleh Franco Hita pada menit ke-34 dan Syamsul Arif di menit ke-68.

Sejak "kick off" babak pertama, tim tuan rumah tampil menyerang. Beberapa kali Persik berhasil menerobos pertahanan Persela.

Sayangnya, penyelesaian akhir yang terburu-buru itu gagal membuahkan hasil bagi tim berjuluk "Macan Putih" itu.

Justru sebaliknya, tim tamu berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang tim tuan rumah.

Pada menit ke-34, pemain depan Persela Franco Hita berhasil membawa timnya unggul setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang tim tuan rumah yang dijaga Wahyudi.

Skor 0-1 untuk keunggulan Persela bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persik kembali mengendalikan permainan untuk mengejar ketertinggalannya dari tim tamu.

Persik berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah pemain depannya, Saktiawan Sinaga, berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Persela yang dijaga Fauzal Mubarok pada menit ke-64.

Tiga menit kemudian, Saktiawan membawa timnya berbalik unggul menjadi 2-1 setelah aksi individualnya mampu mengecoh kiper Persela untuk yang kedua kalinya.

Belum usai kegembiraan para pemain tim tuan rumah, Persela justru berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-68 melalui kaki Syamsul Arif.

Persik harus berterima kasih kepada Saktiawan karena untuk yang ketiga kalinya dia berhasil menjebol gawang Persela.

Gol yang terjadi di menit ke-79 itu sekaligus menyudahi perlawanan Persela dengan skor akhir 3-2.

Sayangnya, gol tersebut harus dibayar mahal karena beberapa saat kemudian Saktiawan tergeletak dan harus digotong ke luar lapangan.

Pertandingan Persik melawan Persela itu digelar tanpa penonton sebagai bentuk sanksi dari Komisi Disiplin PSSI terkait melubernya penonton di Stadion Brawijaya yang berbuntut tewasnya seorang suporter tuan rumah saat Persik menjamu Persib Bandung, beberapa waktu lalu.

Dalam pertandingan Persik melawan Persela, wasit Jimmy Napitupulu, mengeluarkan tiga kartu kuning, masing-masing untuk Sulis Budi, Jefri Dwi Hadi, dan Wawan Widiantoro (Persik).

Selain itu, wasit juga mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Persela Fabiano Beltrame yang melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Persik pada menit ke-86.

Sementara itu, pelatih Persela, Widodo Cahyono Putra, mengaku, tidak menyangka Persik bermain sebagus itu.

Oleh sebab itu, mantan pemain Timnas PSSI itu mengucapkan selamat kepada Persik atas kemenangannya, mengingat sebelumnya juara Ligina IX/2003 dan Ligina XII/2006 itu mengalami enam kali kekalahan beruntun di ajang LSI musim ini.

Pelatih Persik, Agus Yuwono mengaku puas dengan hasil diperoleh anak asuhnya itu. "Mudah-mudahan kemenangan ini menjadi titik awal kebangkitan motivasi para pemain," kata pelatih yang menggantikan posisi Gusnul Yakin itu.(T.M038/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010