Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Indonesia berhasil menempati posisi puncak Grup A kualifikasi Piala Thomas zona Asia dan akan bertemu runner-up Grup C Thailand di perempatfinal.

Taufik Hidayat dan kawan-kawan memastikan menjuarai Grup A setelah dalam pertandingan yang digelar di Nakorn Ratchasima, Thailand, Rabu, mengalahkan Vietnam 5-0.

Sementara tuan rumah Thailand menempati posisi kedua Grup C setelah kalah 2-3 dari India yang akhirnya menjadi juara grup.

Taufik Hidayat yang diyakini menghadapi partai terberat dalam melawan Vietnam berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan menyumbang angka pertama setelah menang atas Nguyen Tien Minh 21-15, 21-11.

Sony Dwi Kuncoro menambah keunggulan dengan menundukkan Nguyen Hoang Nam 21-12, 21-15, diikuti Simon Santoso yang memastikan kemenangan tim Indonesia atas Vietnam dengan kemenangan mudah 21-6, 21-8.

Markis Kido yang tampil pertamakali dalam turnamen tersebut, kompak bersama Alvent Yulianto untuk mengalahkan Duong Bao Duc/Pham Cao Hieu 21-13, 21-13.

"Hari ini kami coba memasang Alvent/Kido karena selama latihan mereka sangat bagus," ujar manajer tim Thomas Yacob Rusdianto.

Adapun pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama hanya membutuhkan waktu 14 menit menyisihkan Nguyen Hoang Nam/Huynh Vinh 21-6, 21-16 sekaligus memastikan kemenangan Indonesia 5-0 atas Vietnam.

Formasi pemain untuk menghadapi Thailand, Kamis (25/2), kata Yacob, masih akan dibicarakan bersama, tetapi kemungkinan akan menurunkan tim dengan kekuatan penuh karena sudah sistem gugur.

"Peluang (kami) lebih besar karena mereka hanya tungggal pertamanya saja yang menonjol, jadi kami sangat optimistis," katanya mengenai tim Thailand yang tidak diperkuat tunggal putra terbaiknya Boonsak Ponsana dan pasangan Sudket Prapakamol/Songphon Anugritayawon itu.

Perempatfinal lainnya mempertemukan Vietnam (runner-up Grup A) dengan India (juara Grup C), Korea (juara Grup D) dengan Hong Kong (runner-up Brup B) dan Jepang (runner-up Grup D) dengan Taiwan (juara Grup B).


Tunggal penentu

Tiga pemain tunggal yang bertanding berturut-turut memastikan kemenangan tim putri Indonesia atas Srilanka dalam kualifikasi Piala Uber zona Asia, Rabu.

Tunggal pertama Adriyanti Firdasari yang gagal menyumbang angka saat bertemu Singapura, Senin (22/2), membuka perolehan angka dengan kemenangan mudah 21-6, 21-9 atas Thilini Jayasinghe.

Maria Febe Kusumastuti juga melupakan kekalahan pada pertandingan pertamanya untuk tampil lebih baik dan meraih kemenangan 21-8, 21-8 atas Achini Rathnasiri.

Kemenangan tim Indonesia dipastikan oleh penampilan Aprilia Yuswandari yang membutuhkan waktu 21 menit untuk mengalahkan Lekha Shehani 21-9, 21-8.

Kemenangan ganda pada dua partai terakhir memastikan Indonesia menyapu bersih angka 5-0 atas Srilanka.

Anneke Feinya Agustine yang dipasangkan dengan Meiliana Jauhari tanpa kesulitan meraih kemenangan atas Achini Rathnasiri/Upuli Samanthika 21-14, 21-8.

Adapun Nitya krishinda yang berduet dengan Shendy Puspa Irawati menggenapi kemenangan dengan menundukkan Thilini Jayasinghe/Lekha Shehani 21-5, 21-5 hanya dalam 14 menit.

Kemenangan tersebut menempatkan tim putri Indonesia sementara di urutan kedua di bawah Korea dalam Grup X, sementara Thailand yang akan bertemu tim Indonesia, Kamis (25/2), di tempat ketiga.

"Untuk tim putri kami juga optimistis meskipun harus lebih waspada karena tunggal pertama dan ganda pertama mereka cukup kuat," kata sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto.

(T.F005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010