Bandung (ANTARA News) - Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Ahmad Heryawan, memberikan penyuluhan dampak negatif penggunaan situs jejaring sosial Facebook kepada ratusan pelajar sekolah menengah pertama (SMA) di Bandung.

Penyuluhan itu adalah untuk menumbuhkan kesadaran media di kalangan orang tua dan remaja, demikian Netty dalam Gerakan Sadar Media "Waktunya Melek Media...Friends!" di Aula SMAN2 Bandung, Kamis.

Ia mengajak pelajar mengenali cara kerja media massa, mengkritisi media serta menggunakan media secara proporsional, salah satunya Facebook.

"Bagi kalangan pelajar tidak ada cara lain, selain menggunakan media massa sebagaimana mestinya. Banyak hal-hal yang berguna dan positif dari media. Oleh karenanya, saatnya pelajar melek media sekarang juga," katanya.

Dia menilai kebanyakan pelajar hanya menyerap satu sisi saja fungsi media, yakni hiburan. Contohnya, penggunaan situs jejaring Facebook oleh pelajar yang disebutnya sebagai pengaliihan murid dari kelas membosankan.

"Ada guru yang cara menerangkannya terkesan membosankan. Up date status facebook, isinya boring banget gurunya. Inilah Efek perasaan terhadap media dan ini yang berbahaya," ujarnya.

Netty berharap pelajar melek media supaya bisa mengkritisi media dan tidak menjadi korban perkembangan media. "Kini saatnya pelajar melek media supaya mendapatkan manfaat positif dari media." (*)
PK-ASJ/Y008/AR09

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010