pimpinan pondok dapat mengajak santri menjalankan protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mencermati kasus positif COVID-19 di lingkungan pesantren yang masih ditemukan di beberapa daerah.

Bamsoet melalui siaran pers di Jakarta, Selasa, mendorong pemerintah melalui Kementerian Agama, pemda dan pimpinan pesantren melakukan penanggulangan sesuai protokol kesehatan bagi para santri.

"Kementerian Agama dan pemerintah daerah bersama pimpinan pondok pesantren dan satgas perlu melakukan langkah-langkah penanggulangan sesuai protokol kesehatan terhadap santri yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 agar tidak meluas," jelas Bamsoet di Jakarta, Selasa.

Dia mendorong pemerintah melakukan pendekatan khusus ke pondok pesantren agar penyebaran COVID-19 bisa dicegah di sejumlah pesantren, dengan melakukan pengetesan COVID-19 massal, melakukan penelusuran kontak dan mensterilkan setiap ruangan dengan disinfektan sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Bamsoet juga mendorong Kementerian Agama bersama pemda mengevaluasi secara menyeluruh setiap kebijakan dan aturan pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pesantren, dan memastikan standar operasional prosedur terkait Protokol Adaptasi Baru di lingkungan pesantren benar-benar diterapkan.

Baca juga: Bamsoet dorong realisasi bantuan operasional pesantren tepat sasaran

Baca juga: MPR dorong pemerintah siapkan skema vaksinasi massal COVID-19


"Mengingat tingginya angka penularan COVID-19 di lingkungan pesantren akibat kehidupan di pesantren yang berbeda dengan sekolah umum, pimpinan pondok merupakan tokoh sentral yang dapat mengajak santri maupun pihak pesantren untuk menjalankan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker dan physical distancing," kata dia.

Bamsoet juga mengajak seluruh elemen pondok pesantren yakni santri, pengurus dan ustadz/ustadzah untuk memahami pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin guna mencegah lonjakan kasus baru COVID-19 di lingkungan pesantren.

Baca juga: Surabaya lakukan pemeriksaan COVID-19 di pesantren-pesantren

Baca juga: Cegah penularan COVID-19, santri ponpes di Pati-Jateng dipulangkan

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020