Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Indonesia memastikan tempat di putaran final Piala Thomas yang akan digelar di Malaysia, Mei mendatang, setelah mencapai final kualifikasi di Nakorn Ratchasima, Thailand, Jumat.

Tim Indonesia dipastikan lolos ke Malaysia karena tiga tim teratas dalam kualifikasi langsung mendapat tempat di putaran final yang akan berlangsung 9-16 Mei.

Taufik Hidayat harus bermain selama 50 menit untuk membuka perolehan angka bagi tim Indonesia setelah berhasil mengatasi Kenichi Tago 21-16, 21-23, 21-18.

Angka kedua disumbangkan pasangan Markis Kido/Alvent Yulianto yang hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk menundukkan Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata 21-17, 21-19.

Sony Dwi Kuncoro memastikan kemenangan tim Indonesia 3-0 dengan mengalahkan Sho Sasaki 21-18, 21-11.

Pada final Indonesia akan menghadapi Korea setelah Park Sung Hwan dan kawan-kawan berhasil mengatasi tim India 3-1.

Ditanya apakah tim Indonesia akan bermain maksimal atau bermain tanpa target karena sudah memastikan tempat di putaran final, Yacob memastikan tim akan bermain maksimal.

"Kalau kami juara mungkin akan berpengaruh dalam penempatan unggulan pada putaran final nanti," kata manajer tim kualifikasi Thomas Indonesia Yacob Rusdianto.

Mengenai susunan pemain yang akan diturunkan, Yacob mengatakan kemungkinan akan menurunkan susunan yang sama. "Karena besok final tidak perlu menyimpan tenaga. Kalau bisa juara akan sangat membanggakan," tambahnya.

Sebelumnya, tim Uber Indonesia memastikan posisi teratas dalam Grup X setelah mengalahkan Korea 4-1 dan akan bertemu runner-up Grup Y India di semifinal. Semifinal lainnya mempertemukan Korea dengan Jepang yang menjadi juara Grup Y.

(T.F005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010