Bandung (ANTARA News) - Jumlah korban tewas akibat longsor yang ditemukan di Kampung Dewata Desa Tenjolaya, Kabupaten Bandung, Jabar, hingga Jumat, berjumlah 30 orang.

"Hingga pukul 18.00 WIB jumlah korban yang diketemukan sudah 30 orang, hari ini ada sepuluh korban yang ditemukan," kata Koswara, staf Posko Bencana Longsor Kecamatan Pasirjambu, Jumat.

Koswara menyebutkan, menjelang shlat Jumat ditemukan tujuh korban, yakni Dasep (45), Enah (60), Kirana (4), Nandi (13), Eka (25), Asni (3), dan Adang Enggit (40).

"Sore harinya ditemukan tiga korban lagi, sehingga total jadi 30 orang," kata Koswara.

Sementara itu proses evakuasi hari keempat berlangsung mulus walau kondisi cuaca mendukung dan sore harinya gerimis serta berkabut.

Evakuasi yang didukung ratusan orang dari TNI, Polri, PMI, dan masyarakat sipil difokuskan di atas perkampungan yang tertimbun.

Berdasarkan prosedur, evakuasi akan dilakukan selama seminggu. Keluarga korban, baik warga Dewata maupun dari luar daerah, menunggu di Mesjid Al Hidayah untuk menunggu hasil evakuasi.

Korban tewas yang ditemukan langsung dibawa keluarga masing-masing untuk di makamkan di daerah asalnya.

"Sebagian besar dimakamkan di Tenjolaya, ada juga yang di Desa Cisondari dan Cibodas. Ada juga yang dimakamkan di Cimahi," kata Koswara.

Sementara itu proses evakuasi pada Jumat berlangsung hingga pukul 15.30 WIB, dan akan dilanjutkan Sabtu dengan fokus pencarian sama di daerah pemukiman.

(U.S033/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010