Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Indonesia harus bermain hingga partai kelima untuk menjuarai kualifikasi Piala Thomas zona Asia dengan mengalahkan tim Korea 3-2 pada final, Sabtu.

Tiga poin bagi tim Indonesia dalam pertandingan terakhir kualifikasi Piala Thomas yang digelar di Nakorn Ratchasima, Sabtu malam, tiga poin tim Indonesia diperoleh melalui tiga partai tunggal sementara dua partai ganda direbut tim Korea.

Taufik Hidayat menyumbang angka pertama dengan mengalahkan Park Sung Hwan dengan kemenangan dua game langsung 21-19, 21-15, namun Korea langsung menyamakan kedudukan saat pasangan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong mengungguli pasangan Markis Kido/Alvent Yulianto 14-21, 21-19, 21-14.

Sony Dwi Kuncoro memperbaiki keunggulan tim Indonesia dengan meraih kemenangan atas Kim Sa Rang 21-9, 24-22.

Korea kembali menyamakan kedudukan setelah pasangan Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama gagal mempertahankan keunggulan mereka pada game pertama untuk meraih kemenangan. Pasangan yang baru pertamakali tampil di ajang Piala Thomas itu kalah dari Hwang Ji Man/Kim Ki Jung 21-19, 11-21,12-21.

Simon Santoso yang tampil pada partai terakhir menjadi penentu kemenangan Indonesia dengan menundukkan Choi Ho Jin 21-18, 21-19.

Manajer tim Thomas Indonesia Yacob Rusdianto menilai penampilan tim pada pertandingan terakhir itu cukup bagus meskipun kehilangan dua partai. "Yang kalah pun semuanya bermain tiga game jadi semuanya tampil maksimal," ujarnya.

Ia mengakui bahwa Korea mempunyai ganda yang kuat sehingga dua ganda Indonesia gagal meraih kemenangan atas mereka.

Sebelumnya tim putri Indonesia memastikan maju ke final kualifikasi Piala Uber setelah mengalahkan India 3-0, untuk bertemu tim Korea di final, Minggu (28/2). (F005/K004)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010