Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar 1 juta dolar untuk meringankan beban para korban gempa bumi dan tsunami di Chile.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menkokesra Agung Laksono didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie kepada Pejabat Urusan Ad Interim Kedutaan Besar Chile, Maria Fernanda Villa di Kantor Menkokesra, Jakarta, Selasa siang.

Sebelum memulai acara penyerahan bantuan, Menkokesra Agung Laksono juga meminta seluruh undangan yang hadir untuk mengheningkan cipta guna mendoakan korban gempa di Chile.

Menurut menteri, penyerahan bantuan dilakukan oleh pemerintah Indonesia sebagai bentuk solidaritas dan meringankan beban para korban gempa di Chile.

"Pemerintah mewakili seluruh masyarakat Indonesia memberikan bantuan sebagai bentuk solidaritas terhadap bangsa yang tengah mengalami musibah meskipun pada saat ini kita juga tengah menangani korban bencana, seperti yang terjadi di Bandung Jawa Barat," katanya seraya menambahkan, gempa bumi dan tsunami di Chile mengingatkan kepada bencana serupa yang terjadi di Aceh pada tahun 2004.

Menteri juga menambahkan jika keputusan sumbangan kemanusiaan tersebut sudah mendapatkan persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, setelah Menkokesra mengadakan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menanggapi hal tersebut Pejabat Urusan Ad Interim Kedutaan Besar Chile, Maria Fernanda Villa mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Indonesia atas bantuan yang diberikan.

"Saya mewakili masyarakat Chile mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, atas bantuan yang diberikan masyarakat Indonesia sebagai bentuk solidaritas dan empati kepada kami, ini sangat menyentuh," katanya.

Sementara itu, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie mengatakan hingga saat ini Kementerian Sosial belum memiliki rencana untuk mengirimkan bantan lain berupa tm relawan ataupun dalam bentuk barang ke Chile.
(W004/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010