Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Indonesia, Benny Dolo menegaskan tim Merah Putih bertekad merebut minimal satu angka dari pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Asia melawan Australia di Brisbane pada Rabu (3/3) pukul 19.00 waktu setempat (15.00 WIB).

"Kami berharap bisa membawa pulang satu angka," kata Benny Dolo didampingi manajer timnas senior Indonesia Chandra M.Solehan yang dikutip dari Humas PSSI di Jakarta, Selasa.

Timnas Australia sendiri hanya membutuhkan satu angka saja untuk memastikan diri lolos ke putaran-final.

Sebaliknya, jika gagal mendulang angka, timnas negeri Kanguru ini harus memperhitungkan kesudahan pertandingan lainnya di grup ini, yakni antara Oman dan Kuwait.

Jika Oman yang memenangkan pertandingan di Muscat ini, maka penentuan antara Australia dan Kuwait akan dilihat dari aggregat-nya.

Kuwait saat ini menempati posisi teratas grup B dengan nilai delapan dari lima kali pertandingan, dengan selisih gol 6-5.

Australia membayangi di posisi kedua dengan delapan poin, dengan selisih gol 5-4. Oman di posisi ketiga dengan nilai tujuh dan selisih gol 4-4. Indonesia mengumpulkan tiga poin dengan selisih poin 3-5.

Laga antara Australia dengan Indonesia ini akan dipimpin oleh wasit asal Jepang, yakni Ogiya Kenji, dengan asisten wasit Yag Akane (Jepang) dan Saadon bin Mohammad (Malaysia), serta wasit cadangan N Kai Lam (Hongkong).

Sementara Timnas Indonesia akan menjajal Stadion Suncorp pada Selasa malam.

"Dari pagi memang belum ada latihan. Kita baru mencoba lapangan malam nanti. Di sini hujan terus sejak pagi," kata asisten manajer timnas senior Indonesia Chandra M.Solehan.

Ke-19 pemain timnas Indonesia, sambung Chandra, seluruhnya dalam kondisi baik.

"Mengenai siapa yang akan dimainkan besok, tentunya akan tergantung pada kesiapan dari masing-masing pemain. Manajemen tim baru akan memutuskannya beberapa jam sebelum pertandingan dilangsungkan," katanya.

Manajer tim Andi Darussalam Tabusalla juga sudah tiba di Brisbane, demikian juga dengan beberapa pengurus teras PSSI lainnya.

Timnas Indonesia memang sudah tak berpeluang lagi untuk meloloskan diri ke putaran-final Piala Asia 2011, yang akan digelar di Qatar. Kendati demikian, Bambang Pamungkas dkk masih berpotensi menyulitkan timnas negeri Kanguru itu.

Pertandingan ini akan ditayangkan langsung oleh RCTI mulai pukul 15.00 WIB. Sementara itu, duel antara Oman dan Kuwait akan digelar bersamaan di Muscat, dipimpin oleh wasit Masoud Moradi Hasanali (Iran).

Sisa pertandingan babak kualifikasi Piala Asia 2011 lainnya juga digelar serentak Rabu. Di grup A, dilangsungkan pertandingan antara Jepang dan Bahrain, Hongkong bertemu Yaman, di grup C antara Uzbekistan dan Uni Emirat Arab, grup D antara Suriah dan Libanon, dan grup E antara Iran dan Thailand, serta Yordania dan Singapura.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010