London (ANTARA News/AFP) - Euro menguat kembali terhadap dolar pada Selasa waktu setempat, setelah terpukul ke posisi terendah sembilan bulan karena mata uang tunggal Eropa diterjang kekhawatiran tentang krisis utang Yunani, kata para pedagang.

Euro berpindah tangan pada 1,3562 dolar pada akhir perdagangan di London, dibandingkan dengan 1,3556 dolar akhir perdagangan di New York pada Senin.

Awal hari, euro jatuh ke 1,3436 dolar, tingkat terakhir terlihat pada 18 Mei 2009.

Euro turun terhadap unit Jepang, pada 120,66 yen dibandingkan dengan 120,78 yen sebelumnya. Dolar juga jatuh ke 88,96 yen dari 89,08 yen pada Senin.

"Penurunan pagi ini menunjukkan kegugupan pasar mengenai prospek bailout Yunani -- pesan yang keluar dari Eropa masih membingungkan," kata Michael Hewson, analis keuangan CMC Market.

"Beberapa komentator pasar berpendapat bahwa masalah Yunani dilakukan dan membersihkan -- mereka salah," tambahnya.

Owen Ireland dari perantara keuangan ODL Securities berbasis London mengatakan: "Rumor tentang utang negara Yunani terus berputar-putar di sekitarnya, sehingga sampai kami menerima beberapa kejelasan, kebingungan mungkin merajalela."

Analis di bank AS Brown Brothers Harriman berkata: "Euro bisa melihat beberapa dukungan selama beberapa hari kalau ... Yunani memperkenalkan langkah-langkah pengetatan baru untuk meyakinkan zona euro dan pasar pihaknya bisa mendapatkan rumah fiskalnya."

Yunani diperkirakan akan mengungkapkan langkah-langkah tambahan pada Rabu untuk memangkas defisit publik tahun ini setelah tekanan dari Uni Eropa dan investor internasional. Yunani juga sedang menyiapkan penerbitan obligasi yang sangat penting dalam hari-hari mendatang.

Yunani harus menghindari "mimpi buruk kebangkrutan di mana negara tidak akan mampu membayar gaji atau pensiun," kata Perdana Menteri Yunani George Papandreou kepada para pembuat undang-undang Selasa, menambahkan: "Ya, kita harus mengambil langkah-langkah tambahan."

"Kami menemukan diri kami hari ini dalam situasi perang berhadapan dengan skenario negatif yang mempengaruhi negara kita," tambahnya.

Sebuah peringatan oleh pejabat keuangan Uni Eropa Olli Rehn bahwa Yunani harus bertindak cepat dan meningkatkan langkah-langkah untuk memangkas defisit publik jelang batas waktu kunci dua minggu, memperburuk sentimen investor terhadap euro, kata para dealer.

"Sementara pasar masih berpendapat bahwa Yunani akan ditawarkan beberapa semacam jaminan dari Uni Eropa yang akan mencegah default, euro jauh dari berada di luar hutan," ujar Jane Foley dari Forex.com.

"Kesulitan fiskal yang dihadapi Yunani dan negara-negara berpotensi lain di EMU (Uni Moneter Eropa) dapat membebani euro selama berbulan-bulan ke depan."

Defisit Yunani lebih dari empat kali batas yang diizinkan Uni Eropa, pada perkiraan 12,7 persen dari produk domestik bruto.

Hewson menambahkan: "Masalahnya Yunani adalah gejala yang lebih luas di seluruh utang negara Eropa dan jika dengan beberapa keajaiban Yunani mampu menerapkan penghematan anggaran kami masih memiliki masalah Portugal, Spanyol dan Italia."

Athena telah berjanji untuk mengurangi defisit empat persen tahun ini tetapi ada kekhawatiran luas bahwa ia akan gagal memenuhi target itu.

Di London pada Selasa, euro berpindah tangan pada 1,3562 dolar terhadap 1,3556 dolar AS pada Senin, pada 120,66 yen (120,78), 0,9079 pound (0,9044) dan 1,0792 franc Swiss (1,4633).

Dolar berdiri di 88,96 yen (89,08) dan 1,0792 franc Swiss (1,0792). Pound berada pada 1,4938 dolar (1,4987).

Di London Bullion Market, harga emas naik menjadi 1.126,50 dolar per ons dari 1.114 dolar per ons pada Senin. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010