Makassar (ANTARA News) - Si jago merah kembali mengamuk kali ini api menghanguskan sembilan rumah warga di Jalan Gunung Latimojong, Kelurahan Gaddong Kecamatan Bontoala, Makassar.

Informasi yang dihimpun, Rabu, kejadian itu berawal ketika salah satu rumah warga yakni Ny Salma mulai terbakar dan merembes rumah warga lainnya.

Syarif salah satu saksi yang melihat kejadian itu mengaku jika api berasal dari atap rumah Ny Salma kemudian mulai membakar rumah tetangga lainnya yang umumnya terbuat dari kayu yang gampang terbakar.

"Saya melihat api berasal dari atas kemudian merembes ke rumah tetangga lainnya. Diduga api itu akibat dari sambungan arus pendek (korsleting)," katanya.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana kota Makassar yang menerima laporan warga langsung mengerahkan 11 unit armadanya untuk memadamkan api.

Namun, tim pemadam kesulitan memadamkan api karena akses jalan yang sempit sehingga tidak dapat dilalui mobil pemadam.

Beberapa mobil pemadam terlihat tidak jauh dari lokasi kebakaran, hanya saja mobil tersebut tidak dapat mendekati lokasi kebakaran, karena akses jalan menuju rumah yang terbakar tersebut lebarnya hanya sekitar satu meter lebih.

Pemadam juga kesulitan menyemprotkan airnya dari luar karena pemukiman penduduk tersebut dihalangi bangunan-bangunan ruko yang cukup tinggi.

Karena kesulitan itu, warga ikut melakukan pemadaman dengan menyiramnya dengan air seadanya yang diambil dari selokan kecil maupun rumah tetangga lainnya.

Kapolsekta Bontoala AKP Abdul Rahman bersama anggotanya yang turun langsung ke lokasi kejadin juga ikut membantu warga dalam memadamkan api bersama mobil pemadam kebakaran.

"Cepatnya api membesar karena berada di kawasan padat penduduk dimana hampir semua rumah yang terbakar terbuat dari kayu dan juga sulitnya dijangkau pihak pemadam," ujarnya.

Mengenai penyebab dan taksiran kerugian akibat kebakaran tersebut ia mengaku masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.(Ant/R009)


Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010