Liga Spanyol

Eibar petik kemenangan perdana, tundukkan Valladolid 2-1

Eibar petik kemenangan perdana, tundukkan Valladolid 2-1

Ilustrasi laga pekan kelima Liga Spanyol 2020/21 antara Valladolid kontra Eibar. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Eibar akhirnya memetik kemenangan perdana mereka di Liga Spanyol musim 2020/2021 dengan menundukkan tuan rumah Valladolid 2-1 dalam laga pekan kelima di Stadion Jose Zorrilla, Sabtu.

Berkat kemenangan itu, Eibar sementara naik ke urutan ke-13 klasemen dengan raihan empat poin, melompati Valladolid (2) yang merosot ke posisi ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kendati hanya menguasai 47 persen pengendalian bola, Eibar tampil lebih agresif sepanjang laga dengan melepaskan 11 percobaan tembakan yang lima di antaranya menemui sasaran.

Bahkan, ketika kedudukan imbang, Eibar harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain karena Pape Diop diganjar kartu merah, tetapi situasi itu tak menghentikan tim besutan Jose Luis Mendilibar memetik kemenangan.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Barcelona, Real Madrid mulai huni papan atas

Valladolid sempat berpeluang membuka keunggulan pada menit ke-10 tetapi tembakan Fabian Orellana masih bisa diamankan kiper Marko Dmitrovic, sebaliknya tujuh menit berselang Sergio Alvarez berusaha menciptakan kesempatan untuk Eibar lewat tembakan jarak jauhnya yang masih mampu dihentikan kiper Roberto Jimenez.

Pada menit ke-29, Eibar memimpin lewat eksekusi penalti Esteban Burgos setelah Jawad El Yamiq didakwa melakukan handball di area terlarang, yang sempat ditinjau juga oleh VAR.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, sebab menit ke-37 Toni Villa menyelesaikan umpan Nacho Martinez untuk membawa Valladolid menyamakan kedudukan.

Pada menit ketiga injury time babak pertama tembakan Yoshinori Muto bisa diamankan Roberto sehingga skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Tiga menit memasuki babak kedua, Valladolid punya kesempatan emas untuk berbalik memimpin lewat tendangan 12 pas, tetapi Sergi Guardiola yang jadi algojo gagal menaklukkan Dmitrovic.

Pada menit ke-73 Valladolid mendapat keuntungan lain ketika Papa Diop diganjar kartu merah oleh wasit Isidro Diaz membuat pertandingan jadi 11 vs 10.

Alih-alih memanfaatkan kondisi timpang, gawang Valladolid malah kebobolan tepat pada pengujung waktu normal ketika umpan silang Anaitz Arbilla berhasil diselesaikan sundulan tajam Kevin Rodrigues. Eibar membawa pulang tiga poin penuh dari Jose Zorrilla, meninggalkan Valladolid dengan tangan hampa.

Liga Spanyol akan memasuki jeda internasional selama dua pekan ke depan sebelum Valladolid maupun Eibar kembali bertanding. Valladolid akan bertandang ke markas Huesca dan Eibar menjamu Osasuna dalam rangkaian pertandingan pekan keenam yang dijadwalkan pada akhir pekan ketiga Oktober.

Baca juga: Dest ikuti kata hati pilih Barcelona ketimbang Bayern
Baca juga: Dani Carvajal terancam absen dua bulan karena cedera


Susunan pemain:

Valladolid (4-4-2): Roberto Jimenez; Luis Perez, Jawad El Yamiq, Javi Sanchez, Nacho Martinez; Fabian Orellana (Oscar Plano), Kike Perez, Fede (Waldo Rubio), Toni Villa (Pablo Hervias); Sergi Guardiola (Shon Weissman), Maranhao
Pelatih: Sergio Gonzalez

Eibar (4-2-3-1): Marko Dmitrovic; Roberto Correa, Paulo Oliveira, Esteban Burgos, Rafa; Pape Diop, Sergio Alvarez; Enaut Mendia (Kike Garcia), Takashi Inui (Anaitz Arbilla), Kevin Rodrigues; Yoshinori Muto (Edu Exposito)
Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar