Madrid (ANTARA News) - Tim yang penuh harapan di Piala Dunia, Spanyol, Inggris dan Argentina mendapat limpahan semangat setelah menang dalam pertandingan pemanasan mereka, Rabu malam.

Juara Eropa Spanyol dengan meyakinkan mengalahkan Prancis 2-0 di Paris sedangkan dua gol yang dilancarkan Peter Crouch membuat Inggris --yang sempat kecolongan-- akhirnya menang 3-1 ketika melawan tamu mereka, Mesir, sebagaimana dikutp dari Reuters.

Gonzalo Higuain mencetak gol tunggal penentu kemenangan 1-0 Argentina di Jerman sedangkan Belanda mengalahkan Amerika Serikat 2-1 di Amsterdam.

Uruguay menang 3-1 di Swiss tetapi juara dunia Italia hanya mampu bermain imbang tanpa gol (0-0) ketika melawan Kamerun di Monaco.

Gol babak pertama yang dilahirkan David Villa dan Sergio Ramos membuat tim yang mendominasi permainan, Spanyol, bermain di atas angin dan terus menekan bekas juara dunia Prancis yang tidak mampu mengancam kedudukan lawan.

Tim tuan rumah meneruskan sikap mereka yang kurang percaya diri setelah lolos ke Piala Dunia via pertandingan playoff kontroversial dengan Irlandia sementara penonton tidak henti-hentinya menyoraki mereka karena frustrasi atas tim asuhan Raymond Domenech itu.

"Ini merupakan pertandingan penting. Mengalahkan tim juara dunia sekelas Prancis membuat rasa percaya diri kami semakin besar," kata kapten tim Spanyol Iker Casillas kepada wartawan.

Juara Afrika Mesir dengan tangkas membobol gawang Inggris pada babak pertama di Wembley, ketika Mohamed Zidan menciptakan gol secara brilian membuat timnya memimpin.

Crouch menolong menghilangkan keputusasaan Inggris setelah turun minum dengan menciptakan gol lewat kerja sama maksimal dari Shaun Wright-Phillips.

Striker Argentina Higuain membuat dirinya mendapatkan acungan jempol dari pelatih Diego Maradona ketika dengan sigap bermain melawan Jerman, dan melesatkan bola melewati penjaga gawang dari jarak sekitar 30 meter.

Setelah tampil tidak mengesankan pada awal permainan, akhirnya Argentina bangkit melawan Jerman --yang nyaris tidak berkutik hingga mendekati akhir permainan.

Sementara itu Belanda membutuhkan tendangan penalti Dirk Kuyt serta tendangan mental dari Klaas Jan Huntelaar untuk mengalahkan Amerika sedangkan pemain yang dalam kondisi prima Diego Forlan menjadi pemain target untuk kemenangan 3-1 setelah sempat kecolongan ketika melawan Swiss.

Tim lain dalam laga pemanasan Piala Dunia Rabu malam adalah Slovenia, yang mengalahkan Qatar 4-1, dan Portugal menyudahi permainan China 2-0 di Coimbra.

Nigeria dengan mudah mengakhiri permainan Republik Demokratik Kongo 5-2 sedangkan tuan rumah Piala Dunia Afrika Selatan tampil lemah di kandang sendiri ketika menghadapi tamu mereka Namibia dan butuh satu gol dari Katlego Mphela untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada akhir pertandingan.

Pemain tengah Zdravko Kuzmanovic bersinar untuk Serbia ketika menang 3-0 di Aljazair, Ghana kalah 1-2 di Bosnia dan Pantai Gading kalah 0-2 di London ketika menjajal kekuatan Korea Selatan.

Tim lain Piala Dunia yang gagal menunjukkan kekuatan mereka adalah Yunani, yang kemasukan gol akhir sehingga kedudukan 0-2 di kandang sendiri ketika menghadapi tamu mereka, Senegal.

Slovakia dikalahkan 0-1 oleh Norwegia, Denmark kalah 1-2 atas Austria dan Honduras tumbang 0-2 di Turki.

Pada pertandingan persahabatan lain, Craig Levein merayakan pertandingan pertamanya sebagai pelatih Skotlandia dengan kemenangan 1-0 di kandang atas Republik Ceko dan Swedia menang 1-0 di Wales berkat gol tunggal Johan Elmander.(A008/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010