Solo (ANTARA News) - Keberangkatan pesawat Air Asia jenis Airbus 320-300 jururan Solo-Kuala Lumpur Malaysia, pada Jumat terpaksa ditunda akibat adanya kerusakan sistem rem.

Pesawat yang membawa 102 penumpang itu seharusnya berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 09.25 WIB.

"Akan tetapi akibat salah satu sistem rem pesawat macet dan perlu perbaikan, keberangkatannya ke Kuala Lumpur tertunda," kata Airport Duty Manager Bandara Adi Soemarmo, Edi Martono, di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jumat.

Menurut Edi Martono, pesawat tersebut saat akan memasuki landas pacu tidak bisa bergerak karena sistem remnya macet sehingga secara manual ditarik kembali ke tempat semula.

"Para penumpangnya sebanyak 102 orang diturunkan dan menunggu di ruang tunggu keberangkatan penumpang," katanya.

Pesawat kemudian diperbaiki teknisi Air Asia. Pesawat bisa diterbangkan dari Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 13.20 WIB tujuan ke Kuala Lumpur.

Terkait hal tersebut, petugas Air Asia di Bandara Adi Sumarmo Solo, saat dikonfirmasi tidak berani memberikan penjelasan.

Pengganti Tugas Sementara (PTS) Manager Operasi dan Teknik Bandar Adi Soemarmo Solo, Djoko Santoso, menjelaskan, pesawat Air Asia itu saat akan lepas landas dari Bandara Adi Soemarmo Solo mengalami kerusakan pada instrumen rem.

Menurut dia, setelah pesawat nomor penerbangan AK-541 tersebut selesai dibaiki, para penumpangnya kembali naik dan diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo Solo pada pukul 13.20 WIB.

(U.KR-BDM/A030/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010