Ramallah, Tepi Barat (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Pusat Palestina mulai mendaftar pemilih, Sabtu, untuk pemilihan anggota dewan kota Juii, kata ketua KPU Palestina seperti dikutip AFP, Sabtu.

"Kami telah mulai mendaftar pemilih pagi ini," kata Hanna Nasser pada konferensi pers, dan menambahkan proses itu akan berlangsung hingga 16 Maret.

Bulan lalu, Pemerintah Otonomi Palestina menyatakan mereka akan mengadakan pemilihan lokal pada 17 Juli di wilayah Palestina, tapi gerakan Islam Hamas saingannya yang menguasai Jalur Gaza menolak tindakan itu sebagai "tidak sah".

Komisi pemilihan percaya penolakan Hamas itu tidak akan merusak pemilihan, yang akan diadakan berdasar basis tiap kota atau desa akan menunjuk wakil dewannya.

Hamas, yang menang pemilihan di beberapa kota besar Palestina dalam pemilihan lokal terakhir yang diadakan dalam beberapa tahap antara 2004 dan 2005, didaftarhitam oleh Israel dan Barat sebagai "organisasi teroris".

Pada Juni 2007, Hamas merebut kekuassan di Gaza setelah mengusir pasukan yang setia pada presiden Palestina Mahmud Abbas yang didukung-Barat dalam sepekan pertempuran jalanan mematikan.

Abbas menyerukan pemilihan anggota dewan kota pada Januari tapi pemilihan tersebut sejak itu telah ditangguhkan untuk jangka waktu tak terbatas karena Hamas menolak untuk mengizinkan pemilihan di Gaza tanpa perjanjian persatuan dengan gerakan Fatah pimpinan-Abbas.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010