Jayapura (ANTARA News) - Wakil Gubernur Provinsi Papua, Alex Hesegem, meluncurkan enam buku karya Wali Kota Jayapura, berjudul "Satu abad Kota Jayapura Membangun, Prospek PAD Kota Jayapura paska Otsus, Persipura sang legendaris, Jayapura kota di ujung timur, Spirit pemekaran wilayah dan percepatan kesejahteraan rakyat Papua, dan Menjaring matahari dari ujung timur".

Buku-buku tersebut merupakan hasil karya MR Kambu selama dirinya menjabat sebagai Wali Kota Jayapura,berisi perjalanan perkembangan pembangunan Kota Jayapura selama seratus tahun (1910-2010).

Peluncuran buku karya Wali Kota Jayapura dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-100 Kota Jayapura itu berlangsung di lapangan karang Papua Trade Center (PTC) Entrop, Jayapura, Minggu.

Acara itu dihadiri oleh para pejabat di lingkungan pemerintahan, Kapolda, dan para tokoh lintas agama yang terdiri dari agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu.

Ke enam buku tersebut, ujar MR Kambu, merupakan buku pertama karya dirinya selama menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Jayapura..

"Buku-buku ini lebih menonjolkan perjalanan pembangunan di Kota Jayapura di segala bidang, baik tentang Otsus, dan pemekaran wilayah, serta keunikan mengenai kota di ujung timur," katanya.

Selain itu, MR Kambu berharap, diluncurkan buku karyanya itu dapat menginspirasi semua elemen masyarakat jika nantinya terpilih menjadi pemimpin di Kota Jayapura.

Menanggapi buku ini, Wakil Gubernur Provinsi Papua, Alex Hesegem mengaku senang dan bangga atas kehadiran buku tersebut.

"Tulisan M.R Kambu dapat membuat orang-orang berpikiran seperti dia, dari yang sempit menjadi terbuka," katanya.(KR-ALX/R009)

Oleh
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010