London (ANTARA News/AFP) - Euro mengalami kemerosotan pada akhir hari akhir terhadap dolar Senin, setelah kepala ekonom Bank Sentral Eropa (ECB) menolak gagasan dana Eropa bergaya IMF untuk membantu negara-negara Uni Eropa yang mengalami kesulitan keuangan.

Euro telah meningkat terhadap dolar di sepanjang hari di tengah memudarnya kekhawatiran tentang Yunani sampai komentar dari Juergen Stark dari Jerman dilaporkan.

Mata uang tunggal Eropa diperdagangkan pada 1,3615 dolar, turun dari 1,3621 akhir Jumat di New York.

Sementara itu dolar di 90,29 yen setelah 90,28 yen pada Jumat.

Stark, dalam komentarnya kepada harian keuangan Jerman Handelsblatt, membidik sebuah proposal untuk menciptakan sebuah "IMF Eropa" yang akan datang untuk membantu negara-negara terjerat utang seperti Yunani.

"Mekanisme semacam itu tidak akan konsisten dengan prinsip dasar serikat moneter," yang menjadi milik Yunani, kata Stark.

Dana Moneter Internasional (IMF) memiliki kekuatan keuangan dan pengalaman untuk langkah dan membantu negara-negara terhutang tetapi telah mempertahankan kepanjangan tangannya melalui ketakutan para pemimpin zona euro dari meningkatkan kekhawatiran lebih lanjut di pasar.

Di Brussels, pejabat Komisi Eropa berencana mengajukan sebuah proposal pada Selasa untuk "memperkuat koordinasi ekonomi dan pengawasan negara" di 16 negara yang berbagi euro, yang sebagian besar pengamat merasa pada intinya akan membuat IMF versi Eropa.

Selama akhir pekan, Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan kepada surat kabar Welt am Sonntag bahwa "bagi stabilitas internal zona euro, kita perlu lembaga yang memiliki pengalaman dan kekuatan dari IMF."

Namun Stark: "Ini akan menjadi awal dari sebuah skema keuangan Eropa yang bisa sangat mahal, menciptakan insentif yang salah dan akhirnya, beban negara dengan keuangan publik lebih padat."

Negara-negara dengan "kebijakan anggaran lemah" tidak akan mengubah perilaku mereka, yang ekonom ECB memperingatkan, yang dapat melemahkan kepercayaan publik terhadap euro, kata laporan.

Jelang komentar Stark, euro telah bergerak naik terhadap dolar di tengah tumbuhnya sentimen bahwa Yunani, yang berencana untuk mengimplementasikan langkah-langkah penghematan, akan mampu menopang keuangan publik tanpa bailout dari mitra zona euro.

Selain itu, investor mengambil hati pada saat peluncuran 5,0 miliar euro obligasi oleh Yunani Kamis lalu, yang menarik banyak permintaan, meskipun dengan bunga yang ditawarkan tinggi.

"Pasar adalah ... bernapas lebih mudah pada situasi Yunani dengan langkah baru penghematan yang dilihat menguntungkan oleh pasar," kata Phil McHugh dari Currencies Direct.

"Kelebihan penawaran dari penjualan obligasi pada Kamis itu melegakan. Selain komentar dari Presiden Perancis (Nicholas) Sarkozy menyatakan "Jika Yunani membutuhkan bantuan, kami akan berada di sana `juga membantu menenangkan ketakutan."

Tapi Jane Foley dari Forex.com menambahkan catatan peringatan: "Ini akan memakan waktu bertahun-tahun untuk Yunani membuktikannya memiliki anggaran yang baik kepercayaan dan tanda tanya atas disiplin fiskal bisa menjadi hambatan jangka panjang pada euro."

Euro telah merosot tajam terhadap dolar dalam beberapa bulan terakhir, sebagian karena kecemasan atas Yunani dan kohesi dari zona euro.

Dieter Zetsche, ketua pembuat mobil Jerman Daimler, mengatakan kepada Financial Times bahwa melemahnya jumlah euro menjadi kekhawatiran jangka panjang pada zona euro.

"Saya tidak ingin untuk melemah lebih lanjut dari euro," kata Zetsche.

Penurunan ini telah dilihat di beberapa kalangan sebagai keuntungan bagi eksportir zona euro, karena membuat produk mereka lebih murah dan lebih kompetitif di pasar luar negeri.

"Tapi dalam jangka panjang saya selalu mengatakan dua hal," Zetsche kepada Financial Times.

"Euro yang kuat telah menjadi tempat pelatihan yang baik bagi perusahaan. Hal ini membuat yang lemah lebih lemah. Kedua adalah bahwa mata uang yang kuat adalah tanda dari ekonomi yang kuat."

Di London Senin, euro berpindah tangan pada 1,3615 dolar terhadap 1,3621 dolar pada Jumat, 122,93 yen (122,94), 0,9040 pound (0,8992) dan 1,4626 franc Swiss (1,4631).

Dolar berdiri di 90,29 yen (90,28) dan 1,0742 franc Swiss (1,0740). Pound berada pada 1,5159 dolar (1,5139).

Di London Bullion Market, harga emas tergelincir ke 1.125,75 dolar per ons dari 1.135 dolar per ons pada Jumat. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010