Canberra (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan, Selasa pukul 8.30 waktu setempat tiba di Ibukota Australia, Canberra untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama dua hari.

Pesawat Garuda Kepresidenan jenis Airbus A330 mendarat mulus di Bandara Defence Establishment Fairbaim Canberra.

Di darat, Presiden yang hadir bersama Ibu Ani Yudhoyono disambut upacara penyambutan kenegaraan, dengan dentuman meriam 21 kali, pengumandangan lagu kebangsaan kedua negara dan dan pemeriksaan barisan yang berlangsung sekitar 15 menit.

Setelah sesaat beristirahat di Hotel Hyatt Canberra, pada pukul 11.15 waktu setempat Presiden dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Gubernur Jenderal Australia Quentin Bryce di Goverment House.

Dalam kesempatan itu, Presiden akan dianugerahi tanda kehormatan Honorary Companion of the Order of Australia dari pemerintah Australia sebagai tanda penghargaan atas kerjasamanya dengan Australia selama ini.

Siang hari usai dijamu santap siang, Presiden akan melakukan upacara peletakan karangan bunga di Monumen Peperangan.

Sementara pada Rabu pagi, Presiden dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd di Kantor Perdana Menteri untuk melakukan pertemuan bilateral.

Usai santap siang, Presiden akan bertolak menuju Sydney untuk melanjutkan kunjungannya sebelum berangkat menuju Papua Nugini pada Kamis siang.

Ikut dalam rombongan yang terdiri dari sekitar 100 orang itu sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II seperti Menko Polkam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mendag Mari Elka Pangestu, Meneg Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Mentan Suswono, dan sejumlah Gubernur. (D012*D013/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010