Pandeglang (ANTARA News) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengharapkan agar kalangan guru di daerah itu menjadi pemilih yang cerdas pada pemilihan kepala daerah (pilkada) dan menjaga netralitasnya.

"Saya minta para guru dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan cermat," katanya pada acara sosialisasi program sertifikasi guru di Pandeglang, Senin.

Menurut dia, hanya dengan memilih secara cerdas maka pada pilkada nanti yang akan terpilih figur bupati dan wakil bupati yang benar-benar memiliki kualitas yang diharapkan.

"Kita semua tentunya mengharapkan pemimpin kedepan yang benar-benar berkualitas dan memiliki loyalitas serta komitmen untuk membangun Pandeglang sehingga bisa lebih maju dan mengejar ketertinggalan," katanya.

Ia juga menegaskan, ajakannya tersebut disampaikan dalam kapasitasnya sebagai Bupati Pandeglang, bukan sebagai bakal calon bupati.

"Saya menyampaikan ajakan ini sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai bupati yang harus terus menghimbau pada seluruh masyarakat termasuk di dalamnya para guru akan dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas, cermat dan benar pada pilkada nanti," ujarnya.

Erwan juga menegaskan, tidak akan menggiring dan memaksa kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pandeglang agar mendukung dan memilihnya pada pilkada nanti.

Erwan Kurtubi akan maju dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pandeglang yang akan digelar pada Oktober 2010, dan sebelumnya telah mendaftar sebagai bakal calon bupati pada Partai Demokrat, Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pilkada Pandeglang sebelumnya dijadwalkan digelar pada 22 Agustus 2010, namun karena berbagai hal akhirnya diundur pada Oktober 2010, dan sampai saat ini sudah banyak bermunculan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Bakal calon bupati yang telah muncul di antaranya Erwan Kurtubi, Irna Narulita Dimyati yang kini menjadi anggota Komisi VII DPR RI, Ade Sudirman (pengusaha), Peni Sudono Waluyanto (aktivis dan pengusaha).

Selain itu, Yunadi Syahroni (Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten), Iin Manyur (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten), Siti Romlah (anggota Komisi VIII DPR RI), dr Adang (anggota DPRD Provinsi Banten), Yoyon Sudjana, Cucu Sugiarti dan Agus Wahyu Wardhana (pengusaha dan aktivis).

Sedangkan bakal calon wakil bupati di antaranya Toni Mukson (anggota DPRD Provinsi Banten), Taufik Hidayat (Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan) dan Aang Subhan (pengusaha). (S031/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010