Berlin (ANTARA News/AFP) - Juara dunia Vitali Klitschko akan mempertahankan gelar kelas beratnya versi WBC melawan juara Eropa Albert Sosnowski pada 29 Mei di lapangan Veltins Arena milik tim Liga Utama Jerman, Schalke 04, demikian diumumkan Selasa.

Pertarungan tersebut akan menjadi pertarungan mempertahankan gelar Klitschko untuk keempat kalinya. Ia merebut glar juara dunia tersebut dari Samuel Peter pada Oktober 2008.

Sonowski (31), yang bermarkas di Inggris, mempunyai rekor 45 kali menang, dua kali kalah, dan sekali imbang dan akan mempertahankan gelar juara Eropanya melawan petinju Inggris, Audley Harrison, di London pada 9 April.

"Ia adalah lawan yang tangguh, cepat, dan berpengalaman," kata Klitschko tentang penantangnya dari Polandia itu.

"Ia akan berbuat apapun untuk merebut sabuk saya, tetapi saya janji bahwa hal itu tidak akan terjadi."

Pertarungan ini akan merupakan pertarungan gelar dunia ke-12 Klitschko Bersaudara dalam karirnya dan ia akan merasa senang kembali k stadion tempat saudaranya, Vladimir, mempertahankan gelarnya versi IBF dan WBO melawan Ruslan Chagaev Juni 2009.

"Bertinju di suatu stadion seperti ini merupakan pengalaman yang hebat," kata Klitschko, yang mempunyai rekor mengesankan, yakni 37 menang KO dari 39 kemenangan dan hanya dua kali kalah.

"Saya ada di sana saat saudara saya bertarung tahun lalu dan suasananya mengagumkan."

Tetapi, Sonowski mengatakan ia berencana menjadi orang pertama Polandia yang menjadi juara dunia.

"Karena pertarungan melawan Harrison, saya latihan dan tiba-tiba datang kesempatan sekali dalam seumur hidup untuk bertarung melawan Klitschko," kata Sonowski.

"Bagi saya, Klitschko kekutannya sudah berkurang.

"Saya tahu bahwa saya `underdog` bagi setiap orang, tetapi banyak orang Polandia dan Jerman dengan akar kehidupan orang Polandia di daerah Gelsenkirchen dan saya harap mereka akan mendukung saya.

"Saya akan menjadi orang pertama Polandia yang menjadi juara dunia," katanya. (S005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010