London (ANTARA News) - Petinju Inggris David Haye berharap akan menghadapi rekan juara dunia kelas berat Wladimir Klitschko pada pertarungan penyatuan gelar, tetapi bisa pula melawan saudaranya Vitali Klitschko jika cedera mengurungkan petinju Ukrania tersebut.

Haye Juara WBA siap menghadapi juara IBF dan WBO Wladimir Klitschko pada 25 Juni atau 2 Juli, kemungkinan besar di Jerman, yang menjadi kubu petinju Ukraina tersebut, demikian AFP melaporkan.

Namun karena Wladimir baru saja pulih dari cedera perut yang memaksanya batal bertarung dengan Dereck Chisora Desember lalu, Haye sebaliknya bisa bertarung melawan juara WBC Vitali jika masalahnya terus berlanjut.

"Saya tidak mengharapkan hal itu," kata Haye kepada Sky Sports News.

"Melawan saya, dia harus melakukan latihan sangat serius, dia harus memastikan bahwa tidak akan ada cedera yang dapat mempengaruhi pertarungan ini."

Dia menambahkan: "Dan jika terdapat suatu masalah, maka saudaranya akan maju.

"Namun saya punya feeling apapun cedera Wladimir atau yang dia derita akan sembuh sebelum saat dia naik ring bersama saya."

Sementara detail pasti pertarungan David Haye-Wladimir Klitschko masih harus dirampungkan, manajer Klitschko Bernd Boente mengatakan terdapat "dua atau tiga opsi" tempat pertarungan tersebut dapat dilangsungkan.

"Tidak 100 persen berlangsung di Jerman," katanya.

"Jika segala sesuatunya berjalan mulus, dari segi pendapatan, kita semua pemenangnya.

"Stadion di Dortmund, Gelsenkirchen dan Kaiserslautern tersedia dan sangat tertarik mementaskannya.

"Terdapat dua atau tiga opsi lain yang sedang kami jajaki di negara lain."

Vitali, yang mempertahankan gelar WBCnya melawan petinju Kuba Odlanier Solis di Cologne 19 Maret, wajib menghadapi Haye pada 2009.

Haye sudah pernah gagal bertarung melawan kedua bersaudara itu dan petinju berusia 30 tahun itu telah bersumpah akan pensiun sebelum ulang tahunnya Oktober depan. (ANT/K004)

Pewarta: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011