Mende, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pembalap Spanyol Alberto Contador hari Kamis menjuarai balapan tahapan keempat Paris-Nice dan menjadi pimpinan klasemen umum.

Pembalap Astana itu melancarkan serangan 1.700 meter dari garis finis untuk mencapai garis finis dengan catatan waktu 10 detik lebih cepat daripada catatan waktu rekan senegaranya Alejandro Valverde dan Samuel Sanches setelah menempuh jarak 173,5 Km dari Maurs.

Pembalap Spanyol lainnya, Jens Voigt, terpaut 40 detik dari Contador setelah terjatuh dalam balapan menanjak yang sangat meletihkan tiga kilometer menjelang garis finis.

Di klasemen umum yang baru, juara Tour de France itu unggul 24 detik dari Valverde.

Kemenangan Contador itu merupakan kemenangan tahap kelimanya di balapan Paris-Nice dan untuk kedua kalinya ia menjuarai tahapan yang berakhir di Mende.

Kemenangan profesional pertamanya dalam balapan besarnya adalah Paris-Nice di tahun 2007, yang meletakkan dasar bagi kemenangan pertamanya di Tour de France setahun kemudian.

Tahapan kelima hari Jumat adalah balapan sepanjang 157Km ke arah selatan dari Pernes-les-Fontaines ke Aix-en-Provence. Balapan tersebut akan finis di Nice hari Minggu. (S005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010