Mataram (ANTARANews) - Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, pengelola pelabuhan laut di Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), menempatkan kamera pengawas Closed Circuit Television (CCTV) di sembilan titik pengawasan strategis.

"Dengan adanya kamera CCTV di sembilan titik pengawasan itu, tentu diharapkan sistem pengamanannya pelabuhan semakin baik sesuai standar nasional," kata Kepala PT Indonesia Ferry Cabang Lembar, Kaimudin Maliling, ketika dihubungi dari Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, kamera CCTV itu terkoneksi hingga terpantau pihak-pihak berkompeten di kantor pusat di Jakarta, termasuk manajemen PT Indonesia Ferry.

Namun, penempatan kamera CCTV itu bukan hanya karena adanya peningkatan keamanan di Pelabuhan Lembar sehubungan dengan rencana kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Hussein Obama, ke Bali pada 24-25 Maret 2010.

"Penempatan kamera CCTV itu bagian dari prosedur standar di pelabuhan laut bertaraf nasional, itu pengamanan biasa," ujarnya.

Kendati demikian, Maliling mengakui, aparat terkait di Pelabuhan Lembar akan memperketat pengawasan aktivitas penyeberangan ke Padangbai, Pulau Bali menjelang jadwal kunjungan Presiden Barack Obama.

Dijadwalkan, mulai 17 Maret mendatang, pengamanan ketat di Pelabuhan Lembar mulai diberlakukan, antara lain pemeriksaan terhadap setiap warga yang hendak bepergian ke Pulau Bali.

Aparat kepolisian yang akan memberlakukan pengawasan ketat di pelabuhan Lembar, namun sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan aman dan lancar sesuai harapan semua pihak, kami terus berupaya agar aktivitas penyeberangan tetap berjalan aman dan lancar," ujarnya.
(T.A058/S021/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010