Mataram (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Lembar memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), terjadi pada Sabtu (13/4) malam dan Minggu (14/4).

"Prediksi peak season pada H+2 dan H+3 Lebaran 2024," kata General Manager (GM) Pelabuhan Lembar Agus Djoko Trianto di Mataram, Sabtu.

Ia mengakui arus balik di Pelabuhan Lembar sudah terjadi pada H+1 Lebaran 2024 atau Jumat (12/4).

Baca juga: 42 ribu pemudik keluar Bali melalui Pelabuhan Padangbai

"Arus balik pada H+1 Lebaran ada peningkatan dibanding pada Lebaran hari pertama dan hari kedua," ujarnya.

Agus menyebutkan pada H+1 Lebaran jumlah penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat dari Pelabuhan Padangbai Bali mencapai 2.151 orang. Sementara kendaraan baik roda dua maupun bus atau truk sebanyak 593 unit.

Sedangkan dari Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padangbai jumlah penumpang mencapai 2.414 orang. Sementara untuk kendaraan baik roda dua maupun bus dan truk sebanyak 752 unit.

Baca juga: Dua kapal feri rute Jangkar-Lembar dukung kelancaran mudik Lebaran

Secara keseluruhan jumlah penumpang yang sudah menyeberang dari Pelabuhan Lembar dan Padangbai sejak H-10 hingga H+1 Lebaran mencapai 54.480 orang. Sedangkan kendaraan mencapai 13.284 unit.

Sementara jumlah penumpang dari Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur (Jatim), sebanyak 4.321 orang dan kendaraan 1.055 unit.

Selama arus mudik, pihaknya menyediakan 20 unit kapal untuk melayani lintas penyeberangan Pelabuhan Lembar-Pelabuhan Padangbai Bali. Sedangkan yang beroperasi sebanyak 13 unit.

Baca juga: Polda Bali siapkan kantong parkir antisipasi kepadatan di Padangbai

"Namun, jika penumpang padat akan ditambah menjadi 16 kapal yang beroperasi. Jika masih padat maka jumlah kapal yang dioperasikan 20 unit," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024