Purwakarta (ANTARA News) - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, menggelar demonstrasi menyikapi rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia.

Aksi dimulai dengan "long march" di beberapa jalan raya sekitar Purwakarta, dengan aspirasi menolak kedatangan Presiden AS itu.

Dalam aksinya, para pengunjukrasa berorasi secara bergantian, meneriakan yel-yel, membentangkan poster, dan melakukan aksi teaterikal.

Selain itu, para pengunjukrasa juga menggelar doa bersama agar Obama membatalkan rencana kedatangannya ke Indonesia.

"Obama adalah pemimpin negara yang senang menjajah, karena itu kita harus menolak kedatangan Obama ke Indonesia," kata salah seorang pengunjukrasa, Supriadi.

Dikatakannya, AS merupakan salah satu negara yang melakukan kekejian terhadap sejumlah negara Muslim, seperti Irak dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Dengan demikian, tidak pantas jika kedatangan Obama diterima hingga disambut secara berlebihan.

Sementara itu, dalam aksi teatrikal yang dilakukan di jalan raya Jenderal Sudirman, Purwakarta, para pengunjukrasa menggambarkan kekejian AS terhadap kaum Muslim di sejumlah negara Timur Tengah.

"Pemimpin Amerika itu adalah teroris yang sesungguhnya, jadi harus ditolak kedatangannya," kata Supriadi. (T.KR-MAK/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010