Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar melibas tamunya Persik Kediri 5-3 dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 di Stadion Andi Mattalatta Mattongin, Selasa.

Tim Juku Eja bahkan unggul empat gol lebih dulu lewat Heru Nerli pada menit 21 dan 43, satu gol dari Jung Hwan Park pada menit 24, serta satu gol Osvaldo Moreno di menit 50.

Osvalso pada laga tersebut melengkapi kemenangan PSM dengan tambahan golnya di menit 65.

Persik membalas pada babak kedua melalui dua gol Zhang Zao di menit 63 dan 74, serta Mekan Nasirau pada menit 64.

Pada babak pertama PSM tampil perkasa dengan terus menekan pertahanan lawan, hasilnya baru menit ke satu tercipta peluang emas lewat tendangan bebas Park namun berhasil ditepis keluar lapangan penjaga gawang Persik Wahyudi.

Demikian juga Osvaldo yang berdiri bebas di depan gawang Persik saat menerima sodoran Park, sayang sepakannya terlalu lemah dan mudah diamankan Wahyudi.

Stadion Mattongin baru bergemuruh setelah Heru Nerly menerobos dari sudut kiri dan meliuk-liuk melewati tiga pemain belakang Persik, lalu melepaskan tendangan mendatar yang bersarang di sudut kiri gawang.

Hanya dua menit berselang, sekitar 25 ribu suporter PSM kembali bersorak setelah Shin Hyun Jon melepaskan umpan mendatar ke depan gawang Persik, disambut Park dengan tendangan kaki kanan menyisir tanah.

Sebelum istirahat, PSM memperbesar keunggulan kembali lewat kaki Heru memanfaatkan bola muntah hasil tendangan keras Osvaldo yang gagal diantisipasi dengan baik Wahyudi.

Setelah waktu jeda, Persik baru mendapat peluang dari tendangan spekulasi dari luar garis pinalti yang dilepas Yongky Ariwibowo serta sundulan Zhang, namun masih lemah dan mudah diamankan kiper PSM Syamsidar.

Justru, PSM kembali mencetak gol lewat kaki Osvaldo setelah mendapat umpan dari Park di sudut kanan gawang Persik. Tendangan Osvaldo bersarang di kiri gawang Herman Batak yang masuk menggantikan Wahyudi.

Tertinggal empat gol, Persik bangkit dan langsung membalas lewat gol Zhang yang berhasil memperdaya Syamsidar. Gol yang membangkitkan semangat tim tamu berawal dari umpan terobosan Legimin Rahardjo dari lapangan tengah.

Berselang satu menit, pendukung tuan rumah terdiam setelah Nasirau yang menerima umpan dari Yongky kembali membobol gawang Syamsidar dari sudut sempit sebelah kanan gawang.

Namun, hanya dua menit kemudian PSM memperlebar selisih gol setelah melakukan serangan balik cepat lewat kaki Osvaldo yang tendangannya tidak bisa dijangkau Herman.

Matongin kembali hening setelah Persik kembali memperkecil ketertinggalan lewat gol kedua Zhang. Pemain China ini memperdaya Syamsidar setelah melewati Randy Siregar.

Kedudukan 5-3 tidak berubah sampai wasit yang memimpin pertandingan, Fiator Ambarita meniup pluit panjang. Fiator mengeluarkan satu kartu kuning pada partai tersebut untuk pemain PSM, Heru Nerli. (ANT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010