Manado (ANTARA News) - Telkomsel meluncurkan akses internet berkecepatan tinggi dengan menggunakan modem kapasitas 21 megabyte per second (Mbps) di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

"Peluncuran produk diberi nama Next Generation Flash Telkomsel tersebut menggunakan teknologi High-Speed Packet Access (HSPA) plus yang mengunduh hingga 21 Mbps," kata General Manager Sales and Costumer Service Telkomsel, Erick Noviantoro di Manado, Kamis.

Peluncuran teknologi akses internet teknologi HSPA plus di Kota Manado, kata Erick, merupakan yang keenam dari beberapa kota yang direncanakan di seluruh Indonesia.

"Untuk wilayah Sulawesi direncanakan hanya Manado dan Makassar, sedang kota lainnya diantaranya Denpasar, Mataram," kata Erick.

Kota Manado dipilih, kata Erick, karena menunjukkan perkembangan yang pesat, terutama setelah sukses menggelar kegiatan internasional Konferensi Kelautan Dunia (WOC), CTI Summit serta Sail Bunaken, tahun lalu.

GM Corporate Communication, R Indra mengatakan, teknologi akses internet ini bisa digunakan baik pelanggan kartu Halo, Simpati dan kartu AS.

"Tahap pertama lebih diutamakan pelanggan kartu Halo dimana mendapatkan prioritas, tetapi pelanggan Telkomsel lainnya bisa juga menggunakan modem ini," kata R Indra.

Pelanggan Telkomsel di Manado saat ini mencapai dua juta orang, dari jumlah tersebut 1,8 juta pengguna data internet tetapi baru sebatas chatting dan facebook.

"Dengan hadirnya modum ini, diharapkan penggunaan internet lebih meluas sehingga meningkatkan pengetahuan secara umum," kata Indra.

Kepala Dinas Perhubungan Sulut, J Kenap yang hadir mewakili Gubernur Sulut, minta Telkomsel membantu pemerintah yang sedang giat-giatnya mengembangkan pariwisata dan sektor unggulan lainnya.
(T.G004/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010