Jakarta (ANTARA News) - Band Vierra, Geisha, Agnes Monica, D'Masiv, Ridho Rhoma, Rossa dan The Virgin menjadi diantara 20 artis pilihan calon peraih SCTV Music Award 2010, demikian Ketua Panitia SCTV Music Award 2010 Stephanus Halim kepada wartawan di Senayan City, Jakarta, Jumat.

Stephanus mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Centre, Mei mendatang dengan mengambil tema "20 Warna Warni Indonesia", sedangkan pemenang penghargaan didasarkan polling terbanyak pemirsa dari 22 Maret-3 Mei 2010.

"Yang menarik dalam ajang kali ini diwarnai dengan 14 nama pendatang baru dan sisanya muka-muka lama," kata Wakil Presiden Pemasaran SCTV ini.

Keduapuluh nama grup msuik dan penyanyi, selain yang telah disebutkan di atas, adalah Afgan, Armada, Derby, Ello, Goliath, Hijau Daun, Kotak, Lyla, Nindy, Pasto, Salju, Ungu, dan Wali.

Mereka akan bersaing dalam enam kategori, yaitu Album Pop Solo Pria, Album Pop Solo Wanita, Album Pop Duo/Band, Album Pendatang Baru Solo, Album Pendatang Baru Duo/Group dan lagu paling ngetop.

Selain itu panitia juga menganugerahkan lima penghargaan spesial kepada Penyanyi Band Favorit, Pemain Gitar Favorit, Pemain Bass Favorit, Pemain Drum Favorit dan Pemain Keyboard Favorit.

"Penilaian penyanyi pop pria dan wanita dipisahkan agar lebih kompetitif dan bersaing," kata Bens Leo, pengamat musik Indonesia, yang juga berbicara pada jumpa pers itu.

Panitia menetapkan nominasi berdasarkan pencapaian angka penjualan album (CD/Kaset) dan nada panggil (ring back tone) minimal dua juta kopi untuk kategori duo atau grup dan satu juta kopi untuk penyanyi solo selama 2009.

"Kita memastikan kembali angka penjualan nada panggil karena ada yang mencapai puluhan juta," kata Bens.

Tantri vokalis band Kotak, mengaku bahwa masuknya "Kotak" dalam nominasi ini adalah yang pertama kalinya buat band ini. "Semoga ajang ini bisa memberikan banyak peluang kepada band-band baru Indonesia," kata Tantri.

Sedangkan pelantun tembang 'Tegar', Rossa, berterimakasih kepada SCTV karena karirnya dibantu banyak oleh "event" ini sehingga menjadi penyanyi paling "ngetop" pilihan pemirsa dalam SCTV Music Award 2008. (*)

reporter: adam rizal
editor : jafar sidik

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010