New Delhi (ANTARA News) - India menyusun daftar mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh warga negaranya saat pesta olahraga persemakmuran (Commomwealth Games) digelar untuk membantu citra New Delhi.

"Kami ingin memberitahu mereka supaya tidak membuang air di tempat umum, jangan meludah, menjaga keamanan transportasi umum dan sebagainya," kata kepala pariwisata New Delhi Rina Ray kepada Hindustan Times Jumat, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Warga New Delhi diharapkan tidak hanya sebagai penonton, mereka juga berperan untuk membuat pesta olahraga yang lebih baik.

New Delhi mempersiapkan diri untuk menerima 100.000 pengunjung dari berbgai negara, selama pesta olahraga berlangsung pada 3-14 Oktober. Ibu kota India itu berharap menggunakan ajang olahraga itu untuk menunjukkan diri sebagai kota dunia yang sebenarnya.

"Kami tidak ingin memulai (kampanye) terlalu dini jangan sampai berakhir dengan kegagalan," kata Ray.

Petunjuk mengenai perilaku yang baik akan disebarkan melalui baliho, pamflet, website, dan audiovisual beberapa bulan yang akan datang.

"Kami ingin mengubah kebiasaan umum orang Delhi, perilaku mereka terhadap orang lain dan kepada tamu. Sehingga mereka sopan," kata kepala pemerintah New Delhi Sheila Dikshit Kamis.

Sheila mengatakan, India menginginkan wisatawan kembali kesana dengan kesan New Delhi adalah kota yang modern. (ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010