Rutgers dan JKT 48 bekerjasama beri perlindungan perempuan

Rutgers dan JKT 48 bekerjasama beri perlindungan perempuan

Penampilan JKT 48 secara daring sekaligus menyampaikan program perlindungan perempuan dari Rutgers WPF Indonesia. (HO Rutgers)

Jakarta (ANTARA) - Rutgers WPF Indonesia dan grup band asal Jakarta JKT 48 bekerjasama memberikan perlindungan terhadap perempuan melalui sejumlah program di beberapa wilayah Indonesia.

"Kita ingin memberi kesadaran pentingnya kesehatan reproduksi bagi remaja putri, termasuk mencegah pernikahan dini," kata Country Representative Rutgers WPF Indonesia, Amala Rahmah dalam keterangan tertulis, Senin.

Rutgers WPF Indonesia merupakan organisasi non-profit yang didukung Kementerian Luar Negeri Belanda bergerak pada isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KGBS) beroperasi sejak tahun 1977.

Rutgers WPF Indonesia mendukung anak muda Indonesia untuk menjadi pemimpin masa depan, dan mendorong mereka untuk memiliki kesempatan dalam pendidikan yang adil dan sejahtera pada masa pertumbuhannya.

Rutgers WPF Indonesia memiliki sejumlah program di Indonesia seperti Get Up Speak Out [GUSO], Yes I Do [YID], Prevention+ [P+], Dance 4 Life [D4L], dan Explore4Action [E4A] yang digagas untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi perempuan.

Program-program yang dijalankan bersama pemerintah dan mitra-mitra strategis dimulai sejak tahun 2016 dan berakhir pada bulan September 2020 berhasil menghapus kekerasan dan mempromosikan kesehatan seksual dan hak reproduksi di Indonesia.

Baca juga: Hari Ibu, seluruh petugas upacara Pemprov DKI Jakarta perempuan
Baca juga: MRT Jakarta sediakan gerbong khusus perempuan saat jam sibuk


Capaian program yang merupakan serangkaian kegiatan selama lima tahun terakhir tersebut ditutup melalui sebuah kegiatan yang bertajuk “Your Voice, World’s Future” yang dilaksanakan pada 17 Oktober 2020 dan disiarkan melalui kanal Youtube Rutgers Indonesia.

Kegiatan ini dimeriahkan penampilan JKT 48. Lagu-lagu JKT48 kerap kali mengandung pesan semangat dan jangan menyerah, relasi yang sehat dengan teman sebaya, dan mencintai diri sendiri demi masa depan yang cerah.

"Untuk itu, sangat cocok bila JKT48 dilibatkan untuk membantu menyampaikan isu-isu Rutgers WPF Indonesia kepada para remaja," ujar Amala.

Kegiatan yang dilakukan secara online event melalui Youtube ini, sampai dengan hari ini sudah disaksikan oleh 9.000 lebih para penggemar JKT48 dan juga para remaja lintas wilayah di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka dengan penampilan yang ditunggu-tunggu dari JKT 48 membawakan lagu “Heavy Rotation”, lagu yang tak asing lagi di kalangan remaja.

Rangkaian kegiatan ini diisi oleh showcase program-program Rutgers WPF Indonesia yang menampilkan capaian-capaian program serta testimoni-testimoni dari para penerima manfaat program.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Upaya Indonesia dalam diplomasi perdamaian dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar