Denpasar (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Hadi Utomo mengatakan bahwa Partai Demokrat terus berupaya membangun koalisi yang solid untuk mendukung pemerintahan.

"Kami berupaya membangun koalisi partai yang pro-pemerintah, dan partai kami sangat terbuka dengan siapa saja yang memiliki tujuan untuk membangun kesejahteraan rakyat," kata Hadi Utomo di Sanur, Bali, Rabu.

Di sela acara workshop "Strategi Membangun Partai Demokrat" itu, ia mengatakan, secara politik pihaknya tidak bisa menyebut kuantitas partai yang berkoalisi ke Partai Demokrat.

"Kami tidak bisa menyebut berapa yang diharapkan parpol untuk berkoalisi ke PD. Yang jelas kalau sudah persepsi dan tujuan membangun rakyat, kita sangat terbuka sekali," kata dia yang didampingi Gede Pasek Suardika anggota DPR-RI asal Bali.

Hadi Utomo mengatakan, dengan adanya koalisi sejumlah partai akan menambah kekuatan dalam mengambil langkah-langkah kebijakan, termasuk menyelesaikan berbagai persoalan.

"Dengan adanya koalisi partai, ketika ada persoalan kita bisa musyawarahkan dan mencarikan jalan keluarnya," ucapnya.

Ketika ditanya soal kemungkinan dirinya kembali maju untuk mencalonkan ketua umum pada Kongres II PD di Bandung, Mei 2010, Hadi Utomo menyatakan belum bisa menjawab sekarang.

"Saya tidak bisa menjawab sekarang. Kita tunggu perkembangan arah politik pada kongres mendatang. Sebuah partai besar perlu menyiapkan kader-kader yang andal," katanya diplomatis.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan workshop ini adalah ingin menyamakan persepsi partai, sehingga ke depannya visi dan misi partai dapat dijabarkan lebih luas ke warga masyarakat.

"Perlu penyamaan persepsi pengurus partai mulai dari pusat hingga ke daerah-daerah, sehingga memudahkan dalam menampung aspirasi masyarakat maupun mengimplementasikan program-program kerja," ujarnya.

Kegiatan lokakarya tersebut dihadiri utusan dari pengurus Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

(T.I020/T007/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010