Mamuju (ANTARA News) - Satu bus penumpang yang melintas di Kota Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terbalik ke jurang mengakibatkan tujuh penumpangnya terluka parah.

Bus penumpang dengan nomor polisi DD 7851 A tersebut terbalik sekitar pukul 07,00 wita, di Jalan Soekarno Hatta Kota Mamuju, Kamis.

Bus yang mengangkut sekitar 20 orang penumpang tersebut berasal dari Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan dan akan menuju ke Kecamatan Korossa, sekitar 150 kilometer dari Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar.

Lima penumpang yang menjadi korban luka dalam peristiwa kecelakaan bus tersebut masing masing Asna (35), Ummy (9), Syamsuri (24), Arman (35) da Becce (30) telah dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Mamuju untuk mendapatkan perawatan intensif.

Tiga diantara penumpang tersebut mengalami cidera serius akibat mengalami benturan kepala dan luka di bagian tubuh serta patah di bagian kaki.

Kasat Lantas Polres Mamuju, AKP Muhabar mengatakan, kecelakaan yang terjadi pada bus tersebut disebabkan karena sopir yang mengendarai bus belum berpengalaman.

"Pada saat melakukan tanjakan di jalan Soekarno Hatta sopir bus terlambat melakukan `over handel` atau mengalihkan gigi persneleng kendaraannya, sehingga bus mundur dan terbalik karena sopirnya sudah tidak mampu menguasai kendaraannya," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mengamankan sopir bus tersebut, Umar (30) di Mapolres Mamuju untuk meminta keterangan lebih lanjut.

"Sementara sopir kami tahan dulu untuk meminta keterangan mengenai peristiwa kecelakaan ini," katanya.

Ia mengatakan, mobil yang terbalik tersebut telah dievakuasi dan penumpang yang selamat telah kembali melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Korossa. (MFH/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010