Padang (ANTARA News) - Jalan lintas Padang-Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tertutup tanah longsor yang terjadi Kamis malam sekitar pukul 22.30 WIB ketika hujan deras mengguyur wilayah itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pesisir Selatan Ichsanusatarudin ketika dikonfirmasi dari Padang Jumat membernarkan. Longsor terjadi di KM 30 di Kawasan Siguntur Pesisir Selatan.

Material longsor menimbun badan jalan sepanjang 15 meter dengan ketinggian tanah sekitar 3,5 meter dan sejak pukul 06:30 WIB dua unit alat berat sudah dikerahkan untuk pembersihan.

"Kini petugas sudah dalam proses pembuangan material longsor di badan jalan Pesisir Selatan-Padang itu, diperkirakan pada Jumat siang sudah kembali normal," katanya.

Gangguan akibat longsor itu menyebabkan antrean panjang kendaraan dari arah Pesisir Selatan menuju Padang dan sebaliknya pada Jumat pagi. Jalur itu juga dilintasi banyak kendaraan angkutan antarkota antarprovinsi tujuan Bengkulu.

Kadis PU Pesisir Selatan mengatakan, sedikitnya terdapat 10 titik rawan longsor di ruas jalan dari Tarusan, Pesisir Selatan, hingga perbatasan dengan Kota Padang.

Longsor yang menutupi badan jalan tak hanya kali ini, bahkan sering terjadi saat curah hujan tinggi.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar pengguna jalan waspada, terutama ketika melintasi kawasan rawan longsor yang sudah dipasangi peringatan dengan rambu-rambu.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010