Dinkes Rejang Lebong: 38 tenaga kesehatan terinfeksi COVID-19

Dinkes Rejang Lebong: 38 tenaga kesehatan terinfeksi COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir. (Arsip Antarabengkulu.com)

dari jumlah itu, 28 orang sudah sembuh dan 10 orang lagi masih menjalani pengawasan
Rejang Lebong (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 38 tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu terinfeksi COVID-19.

"Hingga saat ini ada 38 nakes di Kabupaten Rejang Lebong yang terkonfirmasi positif, di mana dari jumlah itu, 28 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan 10 orang lagi masih menjalani pengawasan," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir di Rejang Lebong, Rabu.

Menurut dia, nakes  yang tertular COVID-19 tersebut bertugas di RSUD Curup, kemudian puskesmas dan beberapa orang lagi bertugas di klinik swasta di wilayah itu.

Baca juga: Tenaga kesehatan positif, satu puskesmas di Rejang Lebong ditutup

Akibat adanya nakes yang dinyatakan terkonfirmasi positif, kata dia, membuat sejumlah pelayanan kesehatan di Rejang Lebong sempat ditutup sementara di antaranya poliklinik umum RSUD Curup, Puskesmas Curup, Puskesmas Binduriang, Puskesmas Sindang Dataran dan Puskesmas Curup Timur.

Sementara itu, perkembangan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong sampai dengan 20 Oktober 2020, kata dia, terdapat 140 warga setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, dengan rincian 108 orang sembuh, dua orang meninggal dunia dan 30 orang lagi masih menjalani pengawasan maupun karantina.

Baca juga: Puluhan pasien COVID-19 di Rejang Lebong sembuh

Baca juga: Seorang ASN tertular COVID-19, PN Curup ditutup sementara


Syamsir yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Rejang Lebong mengatakan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terpapar COVID-19 setelah pihaknya melakukan pemeriksaan sampel tes usap sebanyak 1.159, dengan hasil positip 142 sampel (dua di antaranya titipan Kabupaten Kepahiang), serta 1.017 sampel negatif.

Dia mengimbau masyarakat Rejang Lebong untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan jalan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.

Baca juga: Warga Rejang Lebong positif COVID-19 bertambah 11 orang

Baca juga: Warga terpapar COVID-19 di Rejang Lebong capai 91 kasus


 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Langgar prokes, Pemkot Bandung bubarkan PKL dan tutup Jalan Dipatiukur 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar