Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (21/10) mulai dari penyaluran anggaran PEN sudah hampir 50 persen hingga pemerintah fokus menata 400 desa di daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) untuk terhubung jaringan internet.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Penyaluran anggaran PEN hampir 50 persen

Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyaluran anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN) hingga pekan kedua Oktober 2020 sudah hampir menyentuh 50 persen.

"Sampai akhir September di kuartal ketiga kami sudah berhasil menyalurkan Rp150 triliun dan sampai minggu kedua Oktober sudah berhasil menyalurkan Rp344,43 triliun atau hampir 50 persen dari total anggaran," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Distributor diminta permudah akses petani

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengimbau agar para distributor mengawal dan mempermudah akses petani mendapatkan pupuk bersubsidi di kios meskipun belum memiliki Kartu Tani.

"Saya minta distributor jangan main-main dengan distribusi pupuk karena pupuk bukan hanya kebutuhan tanaman, tapi lebih pada sebagai basis ketahanan pangan terutama pada masa pandemi COVID-19 ini," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Tiga target Kemenperin dukung PEN

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan Kemenperin membidik tiga target untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yakni Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

“Tentu kita harapkan ekonomi nasional tumbuh lebih besar lagi, karena kita lihat dari tahun 2016-2019, pertumbuhan ekonomi kita selalu positif,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Dana PEN dongkrak perputaran uang Rp300 triliun

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan akan tercipta perputaran uang sebanyak Rp300 triliun dari realisasi program PEN selama kuartal III 2020 yang sebesar Rp150 triliun.

“Menurut ahli ekonomi fiscal multiplier (efek pengganda stimulus fiskal) kita 2,1 kali jadi harusnya bisa memberikan dampak ke Produk Domestik Bruto (PDB) Rp300 triliun karena 2xRp150 triliun,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. 400 desa di daerah 3T terhubung internet 2021

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan fokus menata 400 desa di daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) untuk terhubung jaringan internet pada 2021 untuk mendukung transformasi digital.

“Sekarang kita juga harus mengejar agar tidak boleh ada satu desa yang tidak terkoneksi internet,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini


Baca juga: Menkeu ungkap realisasi kredit dari dana negara capai Rp176 triliun
Baca juga: Menkeu pastikan dana PEN dukung aktivitas pesantren saat pandemi
Baca juga: Menkeu sebut logistik dan distribusi vaksin COVID-19 tidak mudah

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020