Sana`a (ANTARA News) - Satu kapal nelayan Yaman dibajak oleh perompak Somalia di lepas pantai utara Somalia, sementara satu dari 12 anggota awaknya tewas, demikian laporan kantor berita resmi Yaman, Saba, Jumat.

Dengan mengutip keterangan dinas keamanan di Provinsi Hadramouth di bagian tenggara negeri itu, laporan tersebut menyatakan pembajakan itu terjadi, Kamis, sewaktu kapal nelayan Yaman tersebut berada di wilayah perairan Somalia, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Semua 12 anggota awaknya terdiri atas delapan nelayan Yaman, dua Somalia dan dua berkewarganegaraan Tanzania, kata Saba. Ditambahkannya, "Othman Mohamed dari Tanzania dibunuh oleh perompak Somalia selama peristiwa pembajakan kapal Yaman itu."

Kapal tersebut bersama dengan ke-11 awaknya sekarang ditawan oleh perompak Somalia, sementara dinas keamanan Yaman telah melakukan tindakan guna mengupayakan pembebasan mereka, katanya.

Laporan Saba tersebut tak memberi keterangan lebih lanjut mengenai alasan di balik perompakan kapal nelayan Yaman itu atau perincian anggota awaknya, tapi mengatakan kapal tersebut meninggalkan pelabuhan Ash-Shiher di Hadramouth pada akhir Februari.

Pada Rabu, Yaman menyatakan pasukan Angkatan Lautnya menggagalkan upaya pembajakan oleh perompak Somalia untuk menguasai kapal tanker minyak Yaman di garis pantai Yaman selatan di provinsi Shabwa.(C003/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010