Teheran (ANTARA News/Reuters) - Kelompok perompak Somalia membajak satu kapal Iran yang mengangkut jeruk Mesir senilai empat juta dolar AS di lepas pantai Yaman, media massa Iran melaporkan, Sabtu.

Kantor berita Fars mengutip Ketua Perhimpunan Ekspor-Impor Buah Segar Iran, Reza Nourani, mengatakan bahwa kapal berbobot 5.000 ton itu dibajak pekan lalu ketika sedang dalam pelayaran dari Mesir ke Iran.

Laporan media itu menyebutkan bahwa sebelumnya kapal itu berada di 640 kilometer dari lepas pantai Somalia dan para pembajak diyakini dari Somalia.

Nourani mengatakan kapal bernama Talca itu milik dua anggota Perhimpunan Ekspor-Impor Buah Segar Iran tersebut.

Perompak Somalia meningkatkan aksi pembajakan mereka dalam beberapa bulan terakhir, yang telah meraup keuntungan jutaan dolar AS hasil tebusan dari pembebasan kapal-kapal yang dibajak di Laut India dan Teluk Aden, Yaman.

Pada awal pekan ini, angkatan laut Eropa yang berpatroli di perairan lepas pantai Somalia menyelamatkan 13 awak kapal nelayan Iran yang ditinggalkan perompak Somalia tanpa makanan, air minum atau bahan bakar.

Para awak kapal itu diikat selama dua hari, dirampok dan dibiarkan mengapung tanpa harapan di laut dengan perlengkapan radio dan telefon genggam tidak berfungsi, sebelum mereka ditemukan oleh kapal perang Spanyol, kata misi angkatan laut Uni Eropa dalam satu pernyataan.

Mereka terlihat pada akhir pekan lalu di lokasi sekitar 60 mil laut dari tempat mereka mengirim panggilan darurat, katanya.

Para awak kapal nelayan itu dikabarkan berada dalam kondisi sehat setelah mengalami penderitaan tersebut.

(Uu.M043/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010