Jakarta (ANTARA) - Manajer Chelsea Frank Lampard meluapkan kekesalannya saat timnya tidak mendapat penalti lawan Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris yang berakhir imbang nirgol di Old Trafford, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Lampard merujuk pada insiden ketika timnya memperoleh situasi tendangan bebas dan kapten MU Harry Maguire menggunakan kedua tangannya untuk mencegah kapten Chelsea Cesar Azpilicueta melompat di dalam kotak penalti guna memperebutkan bola udara.

"Saya pikir itu jelas seharusnya penalti," kata Lampard singkat dalam komentar pascalaga dilansir laman resmi Chelsea.

"Saya tidak bisa melihatnya secara langsung dari tempat saya berada, dan saya pikir itu tergolong keputusan sulit untuk hanya diambil oleh wasit di lapangan semata. Itulah mengapa VAR dihadirkan, tetapi VAR segera mengabaikan insiden itu," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Manchester United dan Chelsea berbagi poin dalam skor kacamata

Menurut Lampard, seharusnya baik wasit Martin Atkinson maupun petugas VAR tidak terburu-buru mengambil keputusan. Setidaknya VAR bisa menyarankan Atkinson untuk meninjau langsung tayangan ulang di monitor yang tersedia di tepi lapangan.

"Jika ia melihatnya, sudah pasti wasit akan memberi penalti, sehingga keputusan tadi sungguh membingungkan bagi saya," katanya.

"Itu cukup membuat frustrasi, karena aturan yang berlaku sepertinya bergerak ke arah yang lebih baik. Wasit lebih banyak menyimak layar VAR langsung di awal musim ini, sebab yang bertugas di lapangan sudah sepantasnya memiliki tanggung jawab terbesar, itulah mengapa ada monitor," ujar Lampard panjang lebar.

Insiden itu boleh dibilang satu-satunya kesempatan Chelsea sepanjang laga, sebab mereka lebih banyak gagal menembus lini pertahanan MU yang tampil sangat solid di laga itu.

Baca juga: De Gea "sindir" lini depan Setan Merah setelah imbang lawan Chelsea

Bahkan, Chelsea harus beberapa kali bergantung pada penyelamatan kiper Edouard Mendy yang menggagalkan setidaknya tiga peluang bagus dari tuan rumah.

"Saya sangat puas dengan penampilan Mendy. Sangat bagus. Anda bergantung kepada kiper dalam situasi semacam itu. Ini laga ketat yang tak banyak diwarnai peluang. Jadi Mendy memperlihatkan peran yang memang dibutuhkan," pungkas Lampard.

Hasil itu membuat Chelsea untuk sementara naik ke urutan keenam klasemen dengan koleksi sembilan poin jelang lawatan ke markas Burnley dalam pertandingan berikutnya Sabtu (31/10) pekan depan.

Namun, tiga hari sebelumnya Lampard akan memimpin skuatnya bertolak ke Rusia meladeni Krasnodar dalam lanjutan Liga Champions.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool ganggu kepemimpinan Everton

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020