Anggota TNI menyelami parit untuk bersihkan sampah di Sumedang

Anggota TNI menyelami parit untuk bersihkan sampah di Sumedang

Anggota TNI dari Satuan Tugas Sektor 15 Citarum Harum menyelam di parit di Jalan Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, untuk membersihkan sampah yang menyumbat aliran air pada Sabtu (24/10/2020). (ANTARA/HO-Pendam III Siliwangi)

Bandung (ANTARA) -
Anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Sektor 15 Citarum Harum menyelam di parit untuk membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di Jalan Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto Kasih mengatakan bahwa sampah menyumbat saluran dan menyebabkan air meluap ke jalanan di area itu.

Sebagaimana dikutip dalam keterangan pers Kodam III/Siliwangi di Bandung, Senin, dengan bantuan warga anggota TNI menyelam untuk membersihkan sampah berupa plastik, dedaunan, batang pohon, serta limbah rumah tangga yang menyumbat saluran air tersebut.

Anggota Satuan Tugas Sektor 15 Citarum Harum pada Sabtu (24/10) mengangkat hingga lima kuintal sampah dari saluran air tersebut dan membawanya ke tempat pembuangan sampah. 

"Meluapnya air dari anak Sungai Cimande sudah dapat diatasi dan (jalan) bisa dilalui oleh kendaraan," kata Wellyanto.

Ia meminta warga tidak membuang sampah atau mengalirkan limbah ke saluran air atau sungai.

"Menjaga kebersihan adalah kewajiban kita bersama. Paling tidak, disiplin itu harus dimulai dari rumah masing-masing," katanya.

Baca juga:
Pembuang sampah di Kalimalang Bekasi terancam penjara enam bulan
Sampah terus mengalir ke Sungai Martapura di Banjarmasin

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tumpukan sampah dan pengerjaan tanggul, penyebab banjir Desa Banjarsari Madiun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar