Jakarta (ANTARA) - Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar wisuda virtual bagi sebanyak 2.746 lulusan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat Wisuda Virtual Bersama PTNP di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Selasa, menjelaskan, meskipun prosesi wisuda ini dilakukan secara virtual dan hanya beberapa perwakilan di antaranya hadir langsung, namun tidak mengurangi penghargaan dan kepada wisudawan/wisudawati atas pencapaian ilmu dan prestasinya sampai pada tahap kelulusan ini.

“Keberhasilan telah mampu menyelesaikan studi adalah suatu langkah besar dalam progres membangun masa depan pariwisata dan ekonomi kreatif bangsa Indonesia,” kata Wishnutama.

Baca juga: Kemenparekraf latih pelaku pariwisata gunakan aplikasi Microweb Site

Saat Wisuda Virtual Bersama 6 PTNP, hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo, Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, Para Pejabat Eselon I dan II, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata, serta para anggota senat.

Menparekraf Wishnutama juga mengapresiasi tenaga pengajar dan para orang tua/wali yang mendedikasikan keprofesionalannya sebagai ujung tombak pada proses pembentukan kualitas pengajaran serta pendidikan generasi penerus bangsa, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sebagai orang tua dan wali, sangat penting bagi kita untuk terus berperan menyediakan dukungan atas setiap langkah anak-anak kita yang tengah berjuang meraih cita-cita mereka,” katanya.

Menparekraf juga menjelaskan, Presiden Joko Widodo selalu memikirkan beragam solusi pembangunan sumber daya manusia sebagai suatu prioritas yang sangat penting bagi kemajuan bangsa dan negara.

Baca juga: "Staycation" saat libur panjang dan sandyakala pariwisata Indonesia

Presiden menyampaikan keyakinan serta harapan bahwa Indonesia mampu menciptakan SDM kreatif yang produktif dan inovatif serta memiliki daya saing tinggi untuk menghadapi persaingan global.

“Salah satu upaya yang dapat segera kita lakukan untuk mencapai tujuan pembangunan SDM tersebut adalah melalui pendekatan pendidikan formal dan pelatihan. Kreativitas akan selalu tercipta selama napas berembus bersama jiwa dan raga yang siap menjadi perantara inspirasi,” ujar Wishnutama.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Sidang Bersama Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, pada wisuda kali ini terdapat 13 wisudawan yang diwisuda langsung oleh Menparekraf sebagai lulusan terbaik.

“Ada 13 wisudawan lulusan terbaik yang diwisuda langsung oleh Menparekraf. Momentum ini juga sangat spesial lantaran ini merupakan wisuda pertama Politeknik Pariwisata Palembang dan Politeknik Pariwisata Lombok,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, PTNP melakukan wisuda kepada 2.746 wisudawan yang terdiri dari 772 wisudawan dari STP Bandung, 460 wisudawan Poltekpar Medan, 430 wisudawan Poltekpar Makassar, 561 wisudawan dari Poltekpar Bali, 259 wisudawan dari Poltekpar Palembang, dan 314 wisudawan dari Poltekpar Lombok.

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020